Ratusan Personel OPD Akan Membatalkan Puasanya di Pusat Kuliner Pati

0
19
Sekda Pati Suharyono (4 dari kiri) bersama Bupati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin, Dandim 0718 Letkol ARM Arief Darmawan dan Kapolres Pati, AKBP Jon Wesley saat hadir pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Pusat Kuliner Pati.(Foto:SN/dok-aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Dimotori Bupati Haryanto dan Sekda Pati Suharyono, pada Puasa Ramadan hari ke-11, tepatnya Kamis (16/5) petang pekan ini, sedikitnya 230 personel jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pati akan membatalkan puasnya di Pusat Kuliner tersebut. Mereka akan berbuka bersama di tenda-tenda kuliner yang hari itu pedagangnya berjualan.
Hal itu sebagai wujud komitmen bahwa upaya memaksimalkan pengunjung ke tempat tersebut harus terus menerus dilakukan, agar hari-hari berikutnya para pengunjung baik dari kalangan personel OPD maupun masyarakat terus meningkat. Sehingga berbagai upaya harus terus menerus dilakukan, termasuk menggelar hiburan kesenian di tiap Sabtu malam atau malam libur lainnya.
Sekda Pati Suharyono ketika ditanya berkait hal itu membenarkan, dan rencana kegiatannya sudah dibahas bersama unsur jajaran OPD lainnya. Yakni, setelah membatalkan puasa bagi yang hendahk shalat mahgrib bisa melakukan di musala Perhutani KPH Pati yang letaknya di seberang jalan sebelah utara.
Selesai itu bisa kembali ke pusat kuliner untuk menimati pesanan lain yang sudah tersaji sampai menjelang datangnya waktu shalat isya’. ”Sebab, jadwal tarawih keliling Kamis malam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pati,”ujarnya.
Menjawab pertanyaan lebih lanjut, Suharyono menambahkan, dalam berbuka puasa bersama itu semua personel OPD menjadi tanggung jawab OPD yang bersangkutan. Dengan kata lain, mereka bisa memilih menu sesuai selera tapi diuopayakan agar terjadi pemerataan sehingga tidak satu OPD tidak harus masuk satu tenda pedagang,
Maksudnya, jika menu yang menjadi selera tidak terdapat ditenda tersebut bisa mencari di tenda pedagang sekitarnya. Jika kebetulan menu yang menjadi selera letaknya sedikit berjauhan dengan tenda yang dipilih rombongan OPD itu tidak mengapa, tapi untuk memudahkan pembayarannya tidak secara rombongan melainkan bisa membayar sendiri.
Melalui upaya itu, di hari-hari biasa berikutnya mereka bisa berkunnung ke pusat kuliner tersebut tidak harus bersama rombongan satu OPD, tapi bergantian bersama keluarga maupun koleganya. Aplagi, jika di hari-hari lain bisa mengajak kenalan dan teman bisa berkunjung ke lokasi tersebut, untuk menikmati kuliner di Pati.
Sedangkan agenda buka bersama, selama Puasa Ramadan akan tetap dilanjutkan bersama-sama jajaran OPD. ”Akan tetapi waktu yang teoat akan dijadwalkan berikutnya, dan sesudah acara buka bersama, kami persilakan bisa mengunjungi pusat kuliner tersebut di lain kesempatan,”kata Suharyono.(sn)