Perintis Industri Kopi Solo, DOF Coffe dan Roaster

SAMIN-NEWS.comBisnis kedai kopi mulai marak di sekitar Kota Solo ternyata telah dimulai sejak tahun 2014. Dof Coffee yang berlokasi di Karanganyar menjadi saksi bisu kemunculan bisnis coffee shop yang ada Eks Karesidenan Surakarta atau Solo Raya.

Sesuai dengan konsep coffee dan roastery—kopi shop ini memulai menggaet mesin roasting sejak tahun 2016.

Dofi Meihantoro sebagai owner mengatakan, Mesin roasting kopi ini sudah ada sejak tahun 2016 karena melihat kebutuhan melihat kebutuhan dari maraknya kopi shop yang ada di sekitar Kota Solo dan sekitarnya.

Menengok kembali perjuangan para perintis seakan membuat kita lebih mengerti dinamika industri kopi yang terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Dof Coffe sebagai salah satu perintis patut diberi apresiasi dalam mempertahankan dan menjaga ekosistem industri kopi yang seakan sedang dalam fase terpuruk saat ini.

“Mengingat berbagai negara pemasok kopi terbesar di dunia tahun ini mengalami kegagalan pane seperti Brazil dan Vietnam—kemudian pasar global mulai beralih mengambil kopi dari Indonesia sebagai pilihannya”. Jelas Dofi

Coffee shop yang berlokasi di tepi jalan Solo-Tawangmangu ini beroperasi sejak jam 10 pagi hingga jam 12 malam setiap harinya.

Menerapkan metode slow bar—otomatis menghidangkan seduhan manual bagi para pecinta kopi saring arabica dengan sajian panas ataupun dingin.

Dua bagian indoor dan outdoor disediakan disini bagi yang hendak beraktivitas seperti wfh atau sekadar bercengkrama.

Menu minuman dan kudapan yang relatif tidak berbeda jauh dengan kopi shop pada umumnya bisa Anda jajaki sembari menikmati siang, sore atau malam hari sebelum Anda menuju Kota Solo atau berwisata ke Tawangmangu.

Bagi Anda pecinta maupun kolektor rilisan fisik musik ataupun alat musik bisa mengunjungi tempat ini dan mendapat kupon yang akan diundi tanggal 20 Oktober 2024 mendapatkan satu turntable. Memperingati 10 tahun berdirinya Dof Coffee & Roaster. (SN)

Penulis : Yunior Dhian Bagaskara
Jurusan : Sastra Indonesia FIB UNS
Status : Mahasiswa Magang

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Mendaftarkan Diri Calon Bupati ke Demokrat, Suryanto: Kita Pilih Jumat Hari yang Sakral
Next post Nyore Syahdu di Pedestrian View Round Stieti Coffee
Social profiles