Komite FFI Usulkan Usmar Ismail Sebagai Pahlawan Nasional

0
4

SAMIN-NEWS.com – Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021, Reza Rahadian menyebutkan bahwa sutradara Usmar Ismail seharusnya mendapatkan predikat sebagai Pahlawan Nasional di bidang perfilman.

Hal ini ia sampaikan saat bertemu dengan Presiden Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Senin (6/9/2021).

“FFI mendukung Pak Haji Usmar Ismail untuk di tahun ini bertepatan dengan 100 tahun perayaan Usmar Ismail bisa disematkan menjadi pahlawan nasional di bidang budaya,” ujar Reza.

Sosok Usmar Ismail selama ini dikenal sebagai Bapak Perfilman Nasional. Sineas kelahiran Bukittinggi, 20 Maret 1921 ini menjadi salah satu tokoh penting bagi perfilman Indonesia.

Sepanjang kariernya, Usmar Ismail telah membuat lebih dari 30 film. Beberapa film produksi Usmar Ismail yang terkenal yakni Pedjuang (1960), Enam Djam di Djogja (1956), Tiga Dara (1956) dan Asrama Dara (1958).

Tak hanya itu, film arahan Usmar Ismail berjudul Darah dan Doa (The Long March of Siliwangi) yang diproduksi tahun 1950, menjadi film pertama yang secara resmi diproduksi oleh Indonesia sebagai sebuah negara berdaulat.

Hari pertama syuting film tersebut, kemudian diresmikan menjadi Hari Film Nasional oleh Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie bersama Dewan Film Nasional.