Webinar, Implementasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Masa Kini

0
147

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kamis (9/7) 2020 pekan depan Universitas Majalengka menyelenggarakan ”Webinar” dengan tema besarnya ”Implementasi Pembelajaran  Bahasa dan Sastra Indonesia Masa Kini.” Hal itu sebagai jawaban dalam upaya menghapus kejenuhan menghadapi situasi di tengah pandemi menyebarnya virus Corona (Covid-19).

Apalagi dalam situasi seperti itu, selama lima bulan sudah sekolah dan kampus diliburkan sehingga kebijakan Menteri Pendidikan terhadap kondisi sekarang ini adalah pembelajaran dilaksanakan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi. Karena itu,  banyak pendidik yang memberikan materi pelajaran maupun tugas-tugasnya melalui aplikasi.

Dengan demikian, kata salah seorang pemateri dalam Webinar tersebut, Luthfa Nugraheni MPd yang tak lain adalah Dosen Universitas Muria Kudus, aplikasi materi itu telah disiapkan oleh pihak sekolah maupun kampus. Akan tetapi realita yang ada mengenai pembelajaran jarak jauh banyak menuai kendala di antaranya, yaitu kurangnya perhatian orang tua pada pembajaran online anak.

Hal tersebut, lanjutnya, ada tugas-tugas yang belum terselesaikan atau tidak dikumpulkan, selain itu rasa jenuh yang kerap hinggap pada peserta didik maupun maupun mahasiswa. ”Akibatnya mereka merasa hal itu sangat monoton dan lelah untuk mengerjakan tugas, sehingga ada pula yang hanya sekedar kopi paste jawaban dari teman,”ujarnya.

Melihat dan menyikapi kondisi seperti itu, lanjutnya, maka banyak pendidik yang harus melakukan inovasi dalam memberikan pembelajaran agar peserta didik dan mahasiswa tidak merasa jenuh, tapi tetap merasa enjoy dalam mendapatkan materi-materi pembelajaran. Adapun inovasi tersebut, di antaranya adalah dengan mengadakan ”webinar” yang merupakan salah satu terobosan di tengah-tengah masa pandemi Covid-19.

Sebab, mobilitas yang terbatas dengan ”webinar” kita bisa mengaksesnya dari rumah, karena tema dari ”webinar” itu tentu bermacam-macam. Hal ini dilatarbelakangi dari para penggiat kegiatan tersebut dalam memilih tema yang harus disampaikan, sehingga para peserta akan mendapat banyak pilihan dalam mengakses materi pembelajaran tersebut.

Karena itu, Kamis (9/7) 2020 mendatang Universitas Majalengka mengadakan ”Webinar” dengan tema bdsar yang sudah dipilih dan disebutkan di atas. Dalam kegiatan tersebut masih dibagi-bagi lagi dalam tema kecil  yang bervarasi, di antaranya dia sendiri akan menyampaikan tema ”Revitalisasi Media Pembelajaran Cerita Rakyat di Sekolah Dasar.”

Selebihnya ada pemateri lain yaitu Dosen Universitas Nahdatul Ulama Surakarta, Laila Fitri Nur Hidayah MPd yang menyiapkan tema ”Keterampilan Berbicara sebagai Kunci Kemampuan Berbahasa.” Para pemateri dalam webinar tersebut berasal dari kampus yang ada di wiayah Jawa, dan selain memberikan materi hasil dari kegiatan ini akan didonasikan kepada warga yang terkena dampak Covid-19,”imbuhnya.