Hadiri Bedah Buku, Kabag Prokompim Himbau Hindari Hoax

0
54

SAMIN-NEWS.com, Pati – Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Pati, Ahmadi, hari ini hadir mewakili Bupati Pati di acara Bedah Buku ‘Dusta Yudistira’ karya Redaktur Tribun Jateng Achiar M Permana yang diselenggarakan dalam rangka Hari Pers Nasional 2020 di Bakorwil I Jateng Kabupaten Pati, Sabtu (15/2/2020).

Selain memberikan sambutan, Ahmadi juga sempat menjawab beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab. Salah satunya pertanyaan terkait kompetensi wartawan.

“Soal kompetensi wartawan, perlu kami sampaikan bahwa dalam waktu dekat Prokompim akan membagikan form isian untuk seluruh wartawan yang bekerjasama dengan Pemkab Pati,” ungkapnya.

Menurut Ahmadi, form tersebut nantinya berisi sejumlah pertanyaan, seperti misalnya nama wartawan kemudian asal media, hingga data terkait Uji Kompetensi Wartawan, serta badan hukum perusahaan media yang menaungi wartawan tersebut.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi wartawan yang selama ini bekerja sama dengan Pemrintah Kabupaten.

Dalam bedah buku yang mengangkat tema ‘Literasi Media untuk Menghindari Jebakan Hoaks di Sekitar Kita’ tersebut, Ahmadi juga menyampaikan keprihatinannya soal berita hoaks yang juga marak saat banjir melanda Kabupaten Pati.

“Saat ini, Indonesia sedang darurat hoax. Bukan hanya terkait isu nasional saja. Seperti kemarin beredar hoax mengenai banjir, foto bahan hoaxnya dari Jawa Barat namun ditulis terjadi di Tayu,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada seluruh wartawan yang ada di Kabupaten Pati agar memiliki sifat professional, cerdas dan berkarakter. Menurutnya, wartawan tidak boleh membuat pemberitaan yang sifatnya menyerang dan beritikad buruk.

“Saya harap semua wartawan bersifat professional, dan tidak membuat pemberitaan hoax dan sengaja mengintimidasi salah satu pihak,” tutupnya.