Bupati Pati; Penanganan Bencana Tanggung Jawab Semua Pihak

Bupati Pati gelar apel siaga bencana dan mengecek sarpras. (SN.dok/Sigit)
SAMIN-NEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati  dipimpin Bupati Pati Haryanto menggelar apel siaga bencana tahun 2019 di alun – alun Juwana, Rabu (27/11/2019).Apel siaga bencana tahun 2019 ini merupakan suatu forum kegiatan antar lembaga pemerintah non pemerintah dan masyarakat untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.
Bupati mengungkapkan Kabupaten Pati memiliki indeks risiko bencana alam yang cukup tinggi terutama banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan, kebakaran dan abrasi pantai.
Melalui kegiatan ini, Bupati menjadikannya sebagai sarana untuk mengkoordinasikan dan meningkatkan kapasitas daerah sarana prasarana dan logistik termasuk sumber dana dari berbagai unsur agar mampu bersinergi dalam penanggulangan bencana.
“Diharapkan apel siaga bencana ini dapat menjadi manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana,” Ujar Bupati.
Bupati meminta seluruh elemen masyarakat menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya bersama untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana.
Lebih lanjut Haryanto mengatakan deretan pihak-pihak terkait dapat memberikan berbagai informasi kepada warga khususnya masyarakat yang berada di daerah rawan bencana sehingga masyarakat akan memahami apa apa yang harus dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.
“Untuk itu perlu kita tegaskan bahwa penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas Pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun instansi terkait semata namun kita semua harus menyadari bahwa penanggulangan bencana merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama selaku masyarakat Kabupaten Pati,” Tandas Bupati (SN/Sigit)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Yusro Cocok Menduduki Staff Ahli Bupati Pati bila Ada Ruang Regulasi .
Next post Baru dibuka bendeng penutup alun-alun simpang lima pati sudah terjadi kemacetan
Social profiles