Bupati Lantik 118 Kades Terpilih di Pendopo Kabupaten Pati

0
95

SAMIN-NEWS.COM, Pati – Bupati Pati Haryanto mengambil sumpah dan melantik para Kepala Desa yang terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa pagi (15/02/2020).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Dipermades, anggota Dewan serta wakil Dewan, OPD Kejari, PN, PKK, tamu undangan serta dari berbagai media.

Dalam prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala Desa Gelombang III tersebut, diikuti oleh 118 Kepala Desa terpilih yang terdiri dari 70 Kepala Desa baru dan sisanya adalah incumbent.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya mengingatkan  Kades yang statusnya masih baru untuk mencontoh pada Kepala Desa yang lama. Karena menurutnya, akan selalu ada pembangunan yang bersifat continue dan harus selalu diteruskan tiap tahunnya.

“Kepada seluruh Kades baru, saya harap segera melakukan penyesuaian diri. Lakukan konsolidasi dengan tokoh setempat, agar nantinya bisa berjalan dengan sebagai mana mestinya,” ujar Haryanto.

Ia berpendapat bahwa Kepala Desa tanggung jawabnya besar. Kades harus mampu menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Ia juga menghimbau kepada Kades terpilih agar mampu membuang sekat di masyarakat pasca Pilkades.

“Saya harap, setelah pelantikan nantinya Kades harus secapatnya menginventarisir dan memetakan persoalan yang menjadi prioritas untuk segera diselesaikan,” pungkas Haryanto.