Peringati Sumpah Pemuda, Kesbangpol Jepara Gelar Festival dan Deklarasi Kebangsaan

Plt. Bupati Jepara H. Dian Kristiandi S.Sos dalam acara festival gebyar kebangsaan dan deklarasi kebangsaan yang bertempat di Gedung Wanita Jepara. (SN.dok-riyo)

SAMIN-NEWS.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jepara menyelenggarakan festival gebyar kebangsaan dan deklarasi kebangsaan yang diikuti oleh berbagai elemen kelompok baik pemerintahan, organisasi kemasyarakatan maupun generasi milenial dalam hal ini pelajar SMA maupun SMK Kabupaten Jepara.

Bertempat di Gedung Wanita Jepara Kamis, (31/10/2019) kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang sejatinya jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Acara yang digelar siang hari tersebut setidaknya diikuti kurang lebih 500 peserta, pagi hari sebelum kegiatan juga diadakan apresiasi musik kebangsaan oleh pelajar SMA/ SMK Se- Kabupaten Jepara.

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi S.Sos dalam giat acara tersebut memberikan beberapa pesan kebangsaan, “Hari Sumpah Pemuda merupakan peringatan akan perjuangan heroik para pemuda pada masa itu bagi Bangsa Indonesia, 91 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda lintas suku, agama dan daerah dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul dan mengikrarkan visi sebagai satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu, Indonesia. Dengan ikrar yang sangat monumental sebagai awal dari tonggak perjalanan bangsa Indonesia. untuk itu, pada kesempatan ini saya mengajak hadirin sekalian untuk menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para tokoh pemuda tahun 1928, yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreatifitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul menghadapi persaingan dunia,” Ujar Plt Bupati Dian.

“Hari ini adalah hari kebangkitan seluruh anak muda Jepara. Lewat momentum ini saya berharap, seiring kemajuan teknologi, pemuda-pemudi Jepara akan terus bergerak, memberikan sumbangsih pemikiran, gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Jepara. Lebih besar lagi untuk kebesaran Bangsa Indonesia terutama di mata dunia.

“Lebih lanjut beliau berharap peran pemuda Jepara dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentunya dalam hal yang positif, tidak saatnya lagi kita berada pada posisi bertahan, sekarang saatnya kita maju, menyerang, memberikan warna, dan mengubah dunia. Dengan semangat Sumpah Pemuda tetap mengilhami kita dalam melaksanakan tanggung jawab dan tugas pengabdian bagi Jepara, bangsa, dan negara Indonesia. Jayalah Pemuda Indonesia, Jayalah Pemuda Jepara” Ucap Dian Kristiandi Penuh Semangat.

Sementara itu ditemui secara terpisah seusai acara, Kepala Kesbangpol Jepara Drs. Dwi Riyanto, MM mengatakan bahwa “acara festival dan deklarasi kebangsaan ini sebagai wujud komitmen bersama dalam membangun, merawat semangat toleransi serta kerukunan dan solidaritas sosial guna mewujudkan Jepara cinta damai dan semangat nasionalisme, “Imbuh Dwi Riyanto. (SN-riyo)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post E-MAJALAH EDISI VII (Laut Sebagai Poros Maritim)
Next post Wisnu Wijayanto Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati bersama Anggotanya Droping Air Bersih
Social profiles