Pemda Butuh Rp 1,5 Triliun Untuk Normalisasi Sungai Juana

Saiful Arifin saat membuka Rapat Normalisasi Sungai Juwana di Ruang Joyokusumo Setda Kabupaten Pati.(Foto:dok SN/sgt)

SAMIN-NEWS.COM PATI- Pemerintah Daerah Kabupaten Pati meminta kepada Pemerintah Pusat untuk bisa mengakomodir program normalisasi sungai juana. Program normalisasi yang diperkirakan akan membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 1,5 trilun, dianggap sangat penting untuk mengatasi masalah banjir dan kekeringan 20 – 30 tahun mendatang.

“Ini merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat Pati, saya berharap program normalisasi Sungai Juwana ini bukan hanya kali ini saja. Saya justru tidak mau kalau kali ini dinormalisasi misalnya tahun depan tidak banjir program ini dianggap selesai oleh pemerintah pusat,”Jelas Wakil Bupati Pati Saiful Arifin saat membuka Rapat Normalisasi Sungai Juwana di Ruang Joyokusumo Setda Kabupaten Pati yang dihadiri Sekda, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana, Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, PPP Bajomulyo, Muspika Juwana, TNI AL, Polair, Syahbandar, serta Kepala Desa Bajomulyo, Bendar, Trimulyo, dan Pajeksan, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, Kendala normalisasi sungai Juana, melalui BBWS agar bisa menyampaikan kepada pemerintah pusat terkait pentingnya program normalisasi tersebut.

“Untuk tahap ini normalisasi dari jembatan lama sampai ke muara targetnya tahun ini selesai, dan untuk tahun depannya normalisasi anak sungai (hilir) wajib hukumnya. Karena memang permasalahan yang ditimbulkan sebenarnya bukan hanya banjir saja melainkan juga kekeringan yang diakibatkan sendimentasi anak sungai,”Paparnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati Haryono mengatakan, Kucuran anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Pusat sebesar Rp 32 Milyar akan digunakan untuk normalisasi Sungai Juwana mulai dari jembatan lama sampai ke muara, hanya saja dari anggaran tersebut apabila masih ada sisa maka akan digunakan yang kegiatan yang lain.

“Yang terpenting kami butuh dukungan dari semua pihak khususnya pemilik kapal, tanpa ada kerja sama dan dukungan dari semua pihak, tentu akan mempersulit pekerjaan proyek normalisasi Sungai Juwana,”Tandasnya.(sgt/hk)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Bupati Berharap Peran Senkom Ditingkatkan
Next post Membumikan Peringatan Hari Jadi Pati; Sebuah Catatan dari Beberapa Tulisan (18)
Social profiles