Bupati Berharap Peran Senkom Ditingkatkan

Bupati Haryanto saat membuka kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Senkom Mitra Polri Kabupaten Pati, di Aula Pertemuan Sekretariat Senkom Desa Mustokoharjo Kecamatan Pati Kamis (18/7/2019).(Foto:dok SN/Riyo)

SAMIN-NEWS.COM PATI – Bupati Pati Haryanto berharap peran serta Senkom semakin ditingkatkan dalam menambah kekuatan keamanan maupun juga menambah informasi yang ada di lapangan. Hal itu dilakukan untuk bisa memudahkan dan berkomunikasi serta menyelesaikan persoalan yang terjadi.
Senkom merupakan sentra komunikasi Mitra Polri yang kerap hadir dalam kegiatan-kegiatan, baik itu peringatan-peringatan nasional maupun juga kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, dan itu harus ada pembekalan,”Setiap kali kita ada agenda hari-hari besar selalu hadir. Karena itu, harus pembekalan melalui workshop, sebab sebagai Mitra Polri, Senkom sudah banyak membantu pemerintah ataupun Polri,”Ungkap Haryanto saat membuka kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan Senkom Mitra Polri Kabupaten Pati, di Aula Pertemuan Sekretariat Senkom Desa Mustokoharjo Kecamatan Pati Kamis (18/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati juga menghimbau agar peserta harus serius dan jangan hanya sekedar hadir, dan tidak tahu apa tujuan dan kegunaan adanya workshop ini,”Sama seperti halnya saya pakai baju apa, ada pangkatnya, ada tanda baiknya, kalau tidak tahu tugas pokok dan fungsi itu akan jadi persoalan. Adanya workshop atau pelatihan semacam ini, tujuannya agar kita punya bekal, paling tidak punya arah, jangan sampai nanti kita punya organisasi yang solid tapi tidak tahu fungsinya”,Kata Haryanto mencontohkan.

Dirinya juga meminta agar Senkom tidak melebihi kewenangan aparat penegak hukum. Sebab satu saja membuat kesalahan atau membuat persoalan, akan mencemari seluruhnya. Ibarat ada nila setitik merusak susu sebelanga.”Ibaratnya begini, 1 atau 2 orang berulah untuk melakukan kejelekan, maka pasti akan dikonotasikan satu jelek semuanya,”Timpal Haryanto.

Sementara itu, Moh Husen selaku ketua panitia menambahkan bahwa pelaksanaan workshop bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas, serta untuk mewujudkan partisipasi tentang pentingnya sinergi antara masyarakat dan Senkom Mitra Polri.

Selain itu, pelaksanaan workshop ini merupakan pertemuan penting, guna mendapatkan informasi dan materi mengenai peran dan fungsi Kamtibmas di masyarakat melalui arahan Bupati Pati dan pencerahan dari para narasumber Polres, Kodim, Kesbangpol dan BPBD.”Ini adalah pertemuan penting, untuk menjalin informasi dan materi mengenai peran dan fungsi Kamtibmas di masyarakat,”Imbuhnya.

Sekedar diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Pati, Dandim 0718 Pati, perwakilan BPBD Kabupaten Pati, perwakilan Kesbangpol Kabupaten Pati dan 125 anggota Senkom Kabupaten Pati, serta Ketua Senkom Provinsi Jateng.(Riyo/hk)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Salah Satu Daya Tarik di Prosesi Kirab Hari Jadi Pati Nanti
Next post Pemda Butuh Rp 1,5 Triliun Untuk Normalisasi Sungai Juana
Social profiles