Momentum HJP, Bupati Datangkan Kereta Kencana Dari Solo

Bupati Pati Haryanto, saat menghadiri Rakor Hari Jadi Pati yang dilaksanakan di Ruang Pragolo Setda siang tadi.(Foto:dok SN/Riyo)

SAMIN-NEWS.COM PATI – Pelaksanaan momentum Hari Jadi ke 696 Pati  yang akan dihelat pada 7 Agustus 2019 nampaknya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, ntuk perayaan kegiatan nantinya akan dirancang tidak hanya sekedar seremonial, namun untuk prosesinya diharapkan bisa menghibur masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Pati Haryanto dalam Rakor Hari Jadi Pati  di Ruang Pragolo Setda siang tadi.

Menurutnya, Prosesi lima tahunan Kirab Hari Jadi Pati kali ini, diharapkan masyarakat, bisa memperoleh gambaran tentang berdirinya Kabupaten Pati, yang nantinya akan dikemas dalam susunan kegiatan perayaan hari jadi Pati.”Ini event lima tahunan sekali, terakhir kami gelar di 2014 di periode pertama saya. Tahun ini akan ada kirab dari Genuk Kemiri sampai ke Pendopo Kabupaten Pati,”ungkap Haryanto.

Prosesi ini, lanjut dia, memiliki makna mendalam, karena dengan susunan acara kegiatan yang dibuat, diharapkan masyarakat dan warga bisa mengetahui bahwa dulu upaya penyatuan dari Carangsoko, Paranggarudo ,Mojosemi itu tidaklah mudah, hingga akhirnya menjadi satu kabupaten,”Untuk acara kirab tahun ini, prosesinya yakni boyongan dari Desa Kemiri sampai dengan Desa Kaborongan, dan semua nanti akan dilakukan iring-iringan dengan menggunakan alat transportasi berupa kereta kencana yang disewa dari Surakarta,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat nantinya juga akan dihibur dengan kesenian khas daerah, yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Pati,”Saya berharap momentum kali ini ke depan bisa diteruskan oleh para penerus yang akan menggantikan saya, Syukur-syukur bisa menampilkan yang lebih menarik lagi”, terang Haryanto.(Riyo/Hk)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Membumikan Peringatan Hari Jadi Pati; Sebuah Catatan dari Beberapa Tulisan (17)
Next post Bupati Tegaskan OPD Konsekuen Pencapaian Target
Social profiles