Bupati Sampaikan LKPJ 2018 dalam Rapat Paripurna DPRD

Bupati Haryanto menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2018 Pemerintah Kabupaten Pati dalam rapat paripurna DPRD  setempat, Jumat (22/3) kemarin.(Foto:SN/adv-aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Berbagai program dan kegiatan selama 2018 Kabupaten Pati  secara jelas dan terukur, Jumat (22/3) kemarin disampaikan Bupati Haryanto dalam rapat paripurna DPRD Pati sebagai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). Hal tersebut juga sekaligus sebagai informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada masyarakat.
Semua yang dicapai pada tahun tersebut, kata Bupati Haryanto, merupakan pencapaian awal dari target dan sasaran pembangunan sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pati Tahun 2017-2022. Hal tersebut juga akan menjadi bahan evaluasi dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pembangunan di tahun berikutnya.
Secara umum laporan ini memuat kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah, kebijakan pemerintah daerah, penyelenggaraan tugas pembantuan dan tugas umum Pemerintahan Kabupaten Pati. Sedangkan pelaksanaan masing-masing urusan dijekaskan menurut program dan kegiatan, jumlah anggaran dan realisasi, srta permasalahan dan solusi yang secara keseluruhan diuraikan berdasarkan dan kenyataan yang ada.
Dari jumlah penduduk di Kabupaten Pati sampai akhir Tahun 20218, tercatat sebanyak 1.309.921 jiwa. ”Rinciannya jumlah penduduk laki-laki 655.180 jiwa dan perempuan 654.740 jiwa dengan peningkatan jumlah penduduk sebesar 0,9 persen dari Tahun 2017,”ujarnya.
Penambahan jumlah penduduk tersebut, katanya lebih lanjut, adalah berdasarkan kondisi dinamis masyarakat Kabupaten Pati dilihat dari angka kelahiran, kematian, datang dan pindah penduduk yang terjadi. Sedangkan visi jangka panjang Kabupaten Pati yang telah ditetapkan dalam Perda No 8 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Pati Tahun 2005-2025 adalah ”Pati Bumi Mina Tani Sejahtera.”

Visi pembangunan tersebut mengarah pada pencapaian cita-cita dan harapan masyarakat Pati yang dapat diukur dari tingkat perkembangan kualitasdan kuantitas pelayanan dasar kesehatan, pendidikan, kedamaian dan kesejahteraan yang ingin dicapai. Sedangkan visi pembangunan jangka men engah daerah Kabupaten Pati Tahun 2017-2022 adalah ”Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Pubblik.”

Pencapaian visi tersebut ditempuh melalui 8 misi Pembangunan Jangka Menengah Daerah, di antaranya meningkatkan akhlak, budi pekerti sesuai budaya dan kearifan lokal. Selebihnya ditempuh pula melalui peningkatan kualitas lingkungan hidup untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Berdasarkan isu strategis dan opermasalahan aktual nasional, regional dan kabupaten serta mempertimbangkan potensi, peluang dan tantangan yang akan dihadapi maka kebijakan pembangnan Kabupaten Pati Tahun 2018 ditempuh dengan strategi misi. ”Di antaranya, untuk misi 1 dijalankan melalui strategi (i) yaitu Pendidikan Karakter Masyarakat, (ii) Penegakan Aturan Hukum, dan (iii) Pelestarian Seni, Nilai Budaya, dan Warisan Budaya,”katanya.(sn-adv)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Hasil Pansus Raperda Pasar Rakyat dan Toko Swalayan Diparipurnakan
Next post Penetapan Tata Tertib DPRD Pati Disahkan dalam Paripurna Internal
Social profiles