Usai Amankan Dua Pelaku Penyalahgunaan BBM, Polres Pati Patroli ke SPBU

0
Polres Pati saat melakukan patroli di SPBU, Rabu (31/8/2022)
Polres Pati saat melakukan patroli di SPBU, Rabu (31/8/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Setelah mengamankan dua orang yang diduga menjadi pelaku penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM), Polres Pati melaksanakan patroli pantauan distribusi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tanjang, Kecamatan Gabus, Rabu (31/8/2022).

Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing mengatakan patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan BBM oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurutnya, patroli dengan menerjunkan sejumlah personel Polres Pati ini untuk mengawasi distribusi di SPBU juga memastikan BBM yang disubsidi pemerintah tersedia.

“Kami menerjunkan sejumlah personel untuk melakukan pemantauan dan pejagaan SPBU. Ini dimaksudkan untuk memastikan persediaan BBM yang disubsidi oleh pemerintah tersedia,” ujar Kapolres.

Tobing menjelaskan bahwa kegiatan kali ini merupakan tindaklanjut perintah dari Kapolri dan Kapolda Jawa Tengah, untuk mengecek dan mengawasi distribusi BBM yang disubsidi.

Isu seputar pemerintah akan menaikkan harga BBM subsidi ini menjadi perhatian kepolisian. Di samping tindaklanjut dari instruksi tersebut, ini juga sebagai bentuk pengawasan dari Polres Pati untuk mencegah penyimpangan BBM bersubsidi.

Saat patroli tersebut, dirinya juga melakukan pemeriksaan sejumlah kendaraan, terlebih yang dicurigai dengan membawa jwrigen.

“Kalau ada kendaraan yang kita curigai, kemudian bila ada yang pakai jerigen kita lakukan pemeriksaan. Jadi kalau yang pakai jerigen harus ada rekomendasi,” ungkap Tobing.

Polres Pati sebelumnya telah meringkus dua orang penyalahgunaan niaga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar yang rencananya bakal dijual ke nelayan Juwana. Selain itu Polres Pati juga mengamankan berikut barang bukti (BB) kendaraan Pick up beserta 1,8 ton BBM jenis solar.

“Ini menindaklanjuti kasus baru yang telah terungkap. Secara terus kita berupaya untuk melakukan pengungkapan sekaligus penjagaan dan pengawasan,” pungkas Tobing.