Berinovasi di Tengah Pandemi untuk Mencetak Pramuka Garuda Siaga. Oleh : Bambang Mulyono, S. Pd

0
16

PRAMUKA harus tetap produktif mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia no. 12 Tahun 2020 disebutkan bahwa tujuan Gerakan Pramuka adalah membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, dan beraklak mulia, berjiwa patriot taat hukum, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Dari tujuan Pramuka tersebut telah jelas dapat ditangkap makna bahwa Gerakan Pramuka adalah sebuah kawah Candradimuka pembentukan karakter generasi milenial. Ini untuk tumbuh dan mengembangkan dirinya secara optimal demi Nusa dan Bangsa melalui intensitas pendampingan. Generasi milenial akan dibantu menemukan jati diri keutamaan hidup demi masa depan bangsa yang dalam,dekade berikutnya akan menjadi tanggung jawabnya.

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan non formal di luar sekolah dan di luar keluarga serta wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta berlandaskan sistem among. Dengan adanya Pandemi ini, otomatis semua kegiatan lapangan terhenti, jadi para pembina harus mencari alternatif kegiatan pengganti yang dapat dilaksanakan dirumah masing-masing peserta didik. Sehingga nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik dapat terpenuhi, karena pendidikan karakter  inilah yang tidak dapat tergantikan dengan pembelajaran jarak jauh (online). Karena pendidikan karakter ini membentuk life skill utamanya serta melatih kemampuan soft skill dari para peserta didik, berbagai strategi kreatif menjadi pertimbangan utama dalam menyampaikan materi supaya pendidikan karakter tidak terhenti pembina harus dapat merancang kegiatan berbasis keluarga, salah satu kegiatan yang dimaksud adalah memberikan tugas yang dikerjakan bersama – sama dengan anggota keluarga sebagai pendamping  dan pembimbing, utamanya keluarga terdekat yaitu ibu, ayah, maupun kakak. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak baik yaitu pertama menambah kedekatan dengan keluarga, kedua memanfaatkan moment di rumah saja sehingga sekalian mendukung program protokol kesehatan dari pemerintah selain itu juga melatih kemampuan dan ketrampilan para peserta didik langsung.

Sebagai Contoh kegiatan pramuka yang baru saja terlaksana di pangkalan SDN Tambakagung, kami membina memberikan tugas kepada anak didik kami berupa pembuatan hasta karya dari stick es cream untuk dibuat menjadi Vas bunga berbentuk sepeda dengan kegiatan ini diharapkan selain melatih kemampuan  life skill para anggota pramuka bisa membuat hasta karya berupa vas bunga, juga menambah kedekatan dengan orang tua dalam memanfaatkan moment dirumah saja. “bisa dilihat di you tube : Hasta karya stick es cream sdn Tambakagung” red. Para orang tua sangat antusias berkegiatan dengan anak-anaknya, juga membantu sedikit meringankan dampak psikologis dari Pandemi ini.

Hal ini membuat kami para Pembina terpacu dan bersemangat untuk merancang kegiatan alternatif lain juga tetap dapat melaksanakan pendidikan karakter bagi peserta didik.

Sebagai Pelatih Hebat Dimasa Pandemi berdasarkan keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 038 Tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Kami juga mengantarkan peserta didik kami untuk menjadi Pramuka Garuda. Saat ini peserta didik kami yang sudah menjadi Pramuka Garuda Siaga diantaranya : ananda  Aisha Rachel Ardiyanti dan Vezia Queenara. Adapun syarat-syarat Pramuka Garuda sebagai Pramuka Siaga,

Seorang Pramuka siaga diputuskan sebagai Pramuka Garuda bila sudah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  • Menjadi contoh yang tidak memihak dalam Perindukan Siaga dirumah, disekolah atau disekeliling yang terkait pergaulannya sesuai dengan inti Dwisatya dan Dwidarama,
  • Sudah menyilakan duduk SKU tingkat Siaga Tata.
  • Sudah mempunya Tanda Kecakapan Khusus sebagai Pramuka Siaga,sedikit-dikitnya enam jenis dari tiga babak Tanda Kecakapan Khusus.
  • Dapat menunjukkan Hasata Karya hasil pekerjaannya sendiri sedikit-dikitnya sembilan jenis dengan memakai sedikit-dikitnya tiga jenis bahan.
  • Pernah mengikuti Pesta Siaga sedikitnya dua kali.
  • Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur.
  • Dapat mempertunjukkan kecakapannya didepan umum dalam aib satu babak seni kebiasaan istiadat.

Seorang peserta didik yang telah mncapai tingkatan terakhir dalam golongannya dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda. Setelah mengajukan permohonan Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang  kelayakan, baik dalam segi mental ataupun sisi kelayakan persyaratan setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan diwawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat. Setelah lulus tes wawancara dan kecakapan seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pelantikan biasanya diselenggarakan bertepatan dengan hari yang bermakna khusus, baik bagi peserta didik tersebut ataupun bagi Gerakan Pramuka. Pelantikan dihadiri oleh tim penguji, orang tua dan tokoh Pramuka.

Sebagai Pelatih Hebat dimasa Pandemi saat ini kami baru mempersiapkan segala persyaratan yang harus di penuhi oleh anak didik kami di Pramuka Tingkat Siaga untuk bisa mengantarkan anak didik kami menjadi Pramuka Garuda Siaga yang jumlahnya lebih banyak lagi. Kami berusaha keras agar anak didik kami ditingkat Pramuka Siaga semua bisa menjadi Pramuka Garuda. Itu harapan kami  tentunya untuk bisa mewujudkan keinginan dan cita-cita kami semua harus bekerja keras, sabar, telaten serta kita buat skedul kegiatan agar bisa terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan.

Semoga Pandemi ini segera berakhir, Sehingga kegiatan kepramukaan yang berorientasi mendidik karakter peserta didik dapat dilaksanakan langsung lagi/tatap muka .

Oleh : Bambang Mulyono, S. Pd

(Kepada Sekolah/Ka Mabigus Pangkalan Gudep SDN Tambakagung Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang)