Calon Panglima TNI Diminta Antisipasi Dinamika Teknologi dari Kejahatan Siber

0
38
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (tengah) foto bersama dengan sejumlah pimpinan Komisi I DPR RI, foto: dpr

SAMIN-NEWS.com, Calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa diminta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk menyiapkan antisipasi perkembangan teknologi, utamanya dari kejahatan siber. Jenderal Andika merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo dan telah disetujui oleh Komisi I DPR RI.

Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan peran dan tugas TNI semakin kompleks. Tugas TNI selain memang menjaga dan menegakkan kedaulatan NKRI dari konflik, di era sekarang ini yang perlu dijaga berkait dengan dunia maya.

Menurutnya, peran intelijen sangat penting di era sekarang. Dimana pada era globalisasi ini ancaman di dunia maya tak kalah besar dibanding di dunia nyata. Juga berpotensi menimbulkan konflik siber.

“Selain ancaman perang fisik ada juga ancaman perang siber dengan kemajuan teknologi, kecerdasan buatan, robotik, dan sejenisnya,” tuturnya dikutip akun Instagram DPD RI, Senin (8/11/2021).

LaNyalla menambahkan masyarakat menaruh harapan besar kepada TNI, tidak hanya terkait dengan kedaulatan bangsa tetapi juga mampu mewujudkan keamanan dan mengatasi berbagai macam konflik yang terjadi. Hal ini dikarenakan perkembangan geopolitik yang sangat dipengaruhi oleh siber dan teknologi.

“Ini tantangan bagi Panglima yang baru. Harus bisa mewujudkan kekuatan TNI yang diperhitungkan oleh negara manapun, baik dari alutsista maupun SDM-nya,” tegasnya.

Dengan kelengkapan tersebut Pihaknya berharap Panglima TNI yang baru nantinya mampu membawa pasukan Garuda tanah air semakin disegani baik di Asia bahkan dunia.