Wisata Alam Kabupaten Semarang Sumber Belajar IPS

SAMIN-NEWS.com, Dalam kegiatan pembelajaran tidak akan terlepas dari berbagai aspek untuk mendukung agar pelaksanaan pembelajaran tersebut bisa terlaksana dengan maksimal. Bagian dari proses pembelajaran yang tak bisa ditinggalkan yaitu sumber belajar. Hal ini bisa dimaknai apapun yang bisa dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar bisa didapatkan di seluruh sendi kehidupan dan sekitar sesuai dengan kebutuhan dan tidak memandang nominal harga serta tentunya sumber belajar ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh elemen manusia tanpa terkecuali.

Sumber belajar juga memiliki makna kombinasi dan terpisah. Karena anak didik ketika akan melakukan proses kegiatan belajar membutuhkan yang namanya sumber belajar tersebut. Diantara sumber belajar IPS yaitu pemanfaatan pariwisata sekitar.

Kepariwisataan merupakan salah satu dari sekian banyak gejala atau peristiwa dimuka bumi yang timbul dari aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya, yakni salah satu kebutuhan rohani dengan menyenangkan hati. Kegiatan pariwisata banyak mendatangkan keuntungan pada masyarakat, daerah dan negara. Untuk itu sektor pariwisata berusaha digalakkan oleh pemerintah untuk sumber pendapatan.

Dalam rangka mendukung pengembangan wisata Kabupaten Semarang, perlu adanya pemanfaatan wisata alam Kabupaten Semarang sebagai sumber belajar IPS lengkap dengan berbagai informasi yang terkait, seperti letak, aksesibilitas, panorama, atraksi, fasilitas, daya dukung lingkungan dan sebagainya. Dengan demikian, pembelajaran IPS tersebut harus berisi informasi yang menyeluruh (holistik) dan terpadu.

Fungsi obyek wisata alam Kabupaten Semarang selama ini hanya sebagai tempat rekreasi atau tempat bersenang-senang, menghilangkan stress dan lain-lain. Sebenarnya ada fungsi lain dari tempat atau obyek wisata yakni fungsi edukasi atau pendidikan, di mana orang dapat rekreasi sambil belajar.

Disusun Oleh

Dr. Apik Budi Santoso, M.Si.
Ferani Mulianingsih, S.Pd., M.Pd.
Pradika Adi Wijayanto, S.Pd., M.Pd.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Ilustrasi Istimewa Previous post Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati, Jumani Next post APBD 2023 Kabupaten Pati Belum Ditetapkan
Social profiles