PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA USIA TODDLER DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK

0
21

Pendidikan karakter merupakan proses yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional,spiritual, dan kepribadian . Pendidikan karakter berperan penting bagaimana anak bersikap dan menjalani kehidupan mereka.

Disini ada 5 alasan Pentingnya usia Toddler dalam Tahapan Tumbuh Kembang Anak.

Masa toddler adalah Ketika anak berusia antara 12 – 36 bulan.

Dalam Bahasa Inggris “ TO TODDLE “ yang berarti berjalan dengan tidak stabil,sebagaimana biasanya dilakukan oleh anak diusia ini. Masa toddler adalah masa penting,sensitive dan kritis yang tidak akan Kembali lagi ( IRREVERSIBLE) di sebut periode kritis karena pengaruh dari lingkungan sangat diperlukan untuk pembentukan Sinaps otak, dan jika stimulasi tidak diberikan maka fungsi otak yang berperan dalam fungsi tersebut tidak dapat diperbaiki. Disebut periode sensitif karena stimulasi yang diberikan pada periode ini memberikan efek yang paling besar dan apabila terlewatkan maka akan membutuhkan usaha dan waktu yang lebih untuk dapat mempelajarinya.

Perkembangan utama yang terjadi masa Toddler:

1. Perkembangan Volume otak yang pesat
Otak sibuah hati mengalami sejumlah perubahan yang mengesankan , ketika masih dalam kandungan hingga berusia tiga tahun saat lahir sudah memiliki semua neuron yang diperlukan,ukurannya berlipat ganda pada tahun pertama, dan pada masa usia 2 th pertumbuhan volume otak akan mulai mencapai 80% dari volume orang dewasa.

2. Kemandirian untuk bereksplorasi (Kemampuan berjalan dan berpikir)
Ciri terbesar kemandirian dalam tahapan tumbuh kembang anak adalah saat ia berjalan pada usia 1 th.

Menurut Alan Fogel,Ph.D seorang Profesor Psikologi di University Of Utah : Di usia ini anak sudah memahami bahwa ia bisa berjalan sendiri dan Kembali kepada Bunda.

3. Ketrampilan untuk melakukan hal-hal lain secara mandiri (termasuk makan hingga toilet training)
Pada usia 18 bulan kepercayaan dirinya akan meningkat karena pada usia ini berbagai macam ketrampilan mulai dikuasai,peningkatan kosa katanya yang memungkinkan anak memberi tau bunda apa yang dia inginkan,ketrampilan motoric kecil dan besar bekerja Bersama lebih lancer, dan ia juga sudah mengenali “ medan” di sekelilingnya dengan lebih baik.

4. Daya tahan tubuh berkembang pesat di masa Toddler
Ketika lahir anak belum memiliki kekebalan tubuh yang sempurna,sehingga menyusui membantu melindunginya dari penyakit dengan menurunkan Anti Body Bunda, Ketika mencapai usia tertentu tubuhnya mulai dapat menghasilkan anti body sendiri ditambah dengan perkembangan organ tubuh,seperti saluran THT atau saluran pencernakannya yang semakin sempurna dan memasuki usia”Toddler” anak dapat mencerna lebih banyak nutrisi dari berbagai jenis makanan sehingga Bunda dapat mengantisipasi daya tahan tubuh yang makin meningkat di usia ini.

5. Kebutuhan Nutrisi
Orang dewasa nutrisi dibutuhkan sebagai energi dalam menjalani aktifitas sehari-hari,kebutuhan nutrisi anak 2 kali lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Pendidikan Karakter memiliki tujuan :
Untuk membentuk manusia utuh atau holistic yang berkarakter yakni dengan mengembangkan aspek fisik, sosial,emosi,spiritual,kreatifitas dan juga intelektual yang nantinya diharapkan bis membentuk manusia life long learners atau Pembelajaran Sejati.

Karakter anak, keteladanan dari orang tua dan orang-orang dilingkungan sekitar anak akan menjadi modal anak dalam berperilaku.
Anak adalah peniru ulang, Pendidikan karakter anak usia dini adapat mengantarkan anak pada matang dalam mengolah emosi.

SITI RONDIYAH, S.Pd
SDN JERUK, KECAMATAN PANCUR, KABUPATEN REMBANG