Sinergitas Disperkim dan Kodim 0718/Pati Bantu Salurkan 12 Unit RTLH Tahun 2021

0
49
Kepala Disperkim Ir. Joko Cipto Hastono, MM saat menyerahkan bantuan secara simbolis bagi warga yang menerima bantuan RTLH di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken belum lama ini.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pati menyalurkan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler dan Sengkuyung di beberapa desa dan kecamatan. Adapun terbaru merealisasikan TMMD Reguler Tahap kedua di Desa Tamaasari, Kecamatan Jaken.

Kepala Disperkim, Ir. Joko Cipto Hastono, MM mengatakan yang bisa disinergikan kepada TMMD adalah program RTLH. Dan program TMMD Reguler Tahap kedua yang disalurkan ke Tamansari sebanyak tiga unit.

“Dan Alhamdulillah sudah terlaksana 100 persen, Rabu (14/7) kemarin sudah penutupan TMMD. Justru capaian fisiknya malah over dari itu, ini prestasi tersendiri,” ujar Joko di kantornya kepada Samin News, Kamis (15/7/2021).

Disperkim, menurut Joko bisa sinergi dengan program TMMD adalah RTLH yang difokuskan di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken. Sementara di desa tersebut ada tiga unit RTLH yang dibantu. Dan saat ini sudah selesai pengerjaannya.

Pihaknya menegaskan bantuan RTLH sangat bermanfaat dan mulia. Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada Bupati Pati, Haryanto untuk nguri-nguri atau menjaga serta melanjutkan program ini. Pasalnya bantuan RTLH sangat mendukung terlebih bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.

Kemudian, yang kedua ia mengatakan akan dilanjutkan kembali di bulan Oktober. Bantuan serupa yakni bantuan RTLH oleh TMMD dalam program Sengkuyung.

“Insyaallah yang kedua akan dilaksanakan di bulan Oktober di program Sengkuyung di Kecamatan Tambakromo dan Dukuhseti,” jelas Joko.

“Kita tetap komitmen terhadap program ini, terlebih pesan pak Bupati hal ini sangat mulia. Apalagi bagi teman-teman masyarakat Pati yang berpenghasilan rendah (MBR),” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Bidang Perumahan, Suhartono menambahkan program TMMD Sengkuyung tahap ketiga dilaksanakan di bulan Oktober. Menurut data yang dimilikinya, bantuan RTLH TMMD Sengkuyung tahap ketiga di Kecamatan Tambakromo dan Dukuhseti.

“Nanti terdapat tiga unit RTLH di Desa Karangawen, Kecamatan Tambakromo dan dua unit RTLH di Desa Wedusan Kecamatan Dukuhseti,” Suhartono menjelaskan.

Sebagai informasi bantuan RTLH melalui TMMD pada tahun anggaran 2021 ini, Bidang Perumahan pada Disperkim menargetkan sebanyak 12 unit RTLH yang disalurkan, baik melalui Reguler maupun Sengkuyung.