Pelaksanaan Matsama MAN 1 Pati Secara Daring

0
85
Kepala MAN 1 Pati, Muhammad Kodri.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tahun ajaran baru 2021/2022 sudah dimulai, bagi satuan pendidikan diwajibkan mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Tetapi, untuk Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati (MAN 1 Pati) disebut Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama).

Mengingat situasi dan kondisi sekarang ini sedang berlangsung Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, maka pelaksanaan Matsama dilaksanakan secara daring. Dengan diikuti 328 siswa mulai tanggal 12 s/d 14 juli 2021.

Kepala MAN 1 Pati, Mohammad Kodri mengatakan tujuan Matsama bagi peserta didik baru untuk mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus Madrasah. Sehingga selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

“Kemudian menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik almamaternya,” kata Kodri kepada Samin News, Rabu (14/7/2021).

Selanjutnya, Matsama itu untuk menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-Indonesia-an kepada para peserta didik baru.

Adapun materi Matsama MAN 1 Pati, di antaranya yaitu Kemadrasahan pengenalan lingkungan madrasah yang mencakup kegiatan rutin belajar mengajar, fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran, tata tertib nilai dan norma yang berlaku serta jegiatan dan organisasi kesiswaan.

Kemudian, masih kata Kodri materi Matsama yang disampaikan oleh madrasah terkait dengan karakter moderasi beragama dan kebangsaan. Di samping itu, pihaknya menambahkan di mana hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan Matsama, selanjutnya pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

“Dan rencana pembelajaran dilakukan secara daring, hal itu berdasarkan aturan PPKM Darurat dan  Pati (masih, red) zona merah,” pungkas Kodri.