Memperingati Hari Lahir Pancasila, Alumni GMNI Kab. Pati gelar Sarasehan & Diskusi Kebangsaan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Alumni GMNI Pati bersama para kader GMNI dan Barisan Nasionalis Kab. Pati menyelenggarakan Sarasehan dan Diskusi Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Acara ini dihadiri oleh seratusan peserta para alumni & kader GMNI serta Barisan Nasionalis di Kab. Pati. Diisi oleh pemateri-pemateri yang luar biasa mulai dari DPP PA GMNI, DPD PA GMNI Jawa Tengah, hingga komisioner KPU dan Bawaslu Pati.

Acara dengan tema “Pancasila Sebagai Nilai Luhur dalam Dinamika Politik dan Demokrasi Lokal” berjalan dengan sangat interaktif dan seru dengan materi diskusi yang sangat menarik.

Diskusi dibuka dengan materi dari Bung Teguh Irawan, wakil ketua DPD PA GMNI Jawa Tengah, dalam materinya Teguh Irawan atau yang biasa disapa Bung Iwan menyampaikan history Pancasila, demokrasi berlandaskan Pancasila, hingga etika politik berdasarkan Pancasila.

“Pancasila ini sebagai landasan kita dalam bernegara, bersosial hingga berdemokrasi dan berpolitik, namun dalam penerapannya masih ada ha-hal yang masih belum sesuai dengan Pancasila”
Kata bung Iwan dalam materinya.

Disambung oleh Dewan Pakar DPP PA GMNI, Dr. George Towar Ikbal Tawakkal menyampaikan bahwa Pancasila yang diilhami dari marhaenisme gagasan Bung Karno erat hubungannya dengan lingkungan hidup, seperti dalam ide eko-marhaenisme yangmana konsep bumi atau tanah air adalah entitas yang menopang suatu bangsa yang saat ini relevan dengan falsafah Pancasila.

Kemudian Ketua KPU Pati dan Ketua Bawaslu Pati menyampaikan prinsip-prinsip ideologi Pancasila terkait dengan demokrasi lokal yang harus dipahami dan diimplementasikan melalui tugas-tugas penyelenggara Pilkada ke depan.

Selain dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, kegitan ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi dan sarana memperkuat barisan GMNI di Kabupaten Pati.

“Kegiatan hari ini tidak sekedar memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 1945, namun lebih dari itu kami berharap kegiatan ini menjadi sarana diskursus untuk memperkuat ideologi marhaenisme di Kabupaten Pati, sekaligus upaya konsolidasi keluarga besar GMNI dengan Barisan Nasionalis di Kab. Pati” ucap bung Dafid Alifianto dari DPC PA GMNI Pati.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Guru PNS di Pati Gelapkan Mobil Brio Rental
Next post Sudewo Ngelamar Balon Bupati ke Golkar dan Nasdem
Social profiles