Tanaman Penghijauan Butuh Pemeliharaan Maksimal

0
58
Pohon Munggur yang ditanam di pinggir ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, membutuhkan perhatian untuk pemeliharaannya.(Foto:SN/aed)
Pohon Munggur yang ditanam di pinggir ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, membutuhkan perhatian untuk pemeliharaannya.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pekan ketiga Februari 2021 lalu dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN), jajaran Manajemen PT Samin Media Pustaka Pati menggelar bakti sosial. Yakni, melakukan penanaman pohon penghijauan di pinggir ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen.

Dalam kesampatan tersebut, kerjasama dengan beberapa pihak pun dilakukan, baik untuk pihak penyedia bibit pohon, serta pemerintahan desa setempat dan juga relawan peduli bencana pun dilakukan. Bahkan, upaya yang dilakukan ini juga mengajak serta salah seorang Wakil Ketua DPRD Pati dariu Fraksi Partai Gerindra, H Hardi yang kebetulan domisilinya di desa tersebut.

Kala itu, papar salah seorang personel jajaran manajemen PT Samin Media Pustaka, Satriyo AN, pihaknya bersama relawan Peduli Bencana khusus melakukan penanaman di pinggir ruas jalan menuju objek Wisata Goa Pancur. ”Akan tetapi kami hanya mengambil lokasi sepanjang 1.100 meter dari ujung jalan masuk ke lokasi wisata sampai depan balai desa setempat,”ujarnya.

Ratusan pohon mahoni yang ditanam di sisi kiri dan kanan pinggir jalan desa juga arah masuk ke lokasi objek wisata, tapi lewat jalan dari perbatasan dengan Desa Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo.(Foto:SN/aed)

Sedangkan bibit pohon yang ditanam, lanjutnya, adalah jenis Munggur dan Ketapang kencana yang waktu itu memang umurnya belum maksimal, sehingga jenis yang disebut terakhir sebagian besar mati. Sedangkan yang masih bisa tumbuh sekitar 50 persen hanyalah pohon yang jenis Munggur, tapi itu pun dikerubuti tanaman liar menjalar yang membelitnya.

Dari sisi ketersidaan air untuk penyiramannya, sampai saat ini cukup karena masih turun hujan sehingga yang harus dimaksimalkan memang pemeliharaannya. Dari pohon Munggur yang tumbuh sebanyak 50 persen, maka konsekuensi pihaknya memang harus melakukan sulam, dan itu akan dilakukan paling tidak tahun depan agar umur bibitnya sudah lebih dari satu tahun.

Adapun tanaman penghijauan yang sampai saat ini bisa tumbuh maksimal adalah jenis mahoni yang ditanam pihak desa di ruas jalan sebelah balai desa ke barat, karena bibitnya memang tingginya sudah lebih dari satu meter. ”Akan tetapi dengan berlangsungnya proyek peningkatan ruas jalan itu, hendaknya jangan sampai mengganggu tanaman pohon penghijauan tersebut,”tandasnya.