Dinkopumkm Pati Usulkan 4,5 Ribu Pendaftar BPUM

0
84
Pendaftar BPUM disediakan tempat khusus untuk pengumpulan berkas di depan kantor Dinkopumkm untuk antisipasi penyebaran Covid-19.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap kedua di Kabupaten Pati sudah dibuka mulai tanggal 2 Juni yang lalu. Bantuan ini untuk memberi bantuan permodalan produktif bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan nominal 1,2 juta.

Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Pati, Hendry Kristyanto mengatakan jadwal pendaftaran BPUM sudah dibuka mulai tanggal 2 sampai 19 Juni 2021. Dengan mengedarkan surat ke kecamatan dan disampaikan ke desa.

“Masyarakat sudah mengetahui dengan mendaftar ke link yang sudah kami sosialisasikan di media sosial,” ujar Kristyanto di kantornya kepada Samin News, Selasa (8/6/2021)

Sehingga, menurutnya Dinkopumkm dengan cukup mudah melihat dan mendata pendaftar BPUM tersebut. Ia meminta setelah daftar online untuk mengirimkan berkas sehari setelahnya ke kantor dinas terkait sebagai berkas.

Bantuan produktif bagi pelaku UMKM ini cukup ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya, tidak susah payah kerja hanya daftar jika lolos verifikasi maka akan menerima bantuan pemerintah pusat. Hal ini diharapkan pelaku umkm mampu survive dan bertahan akibat terpaan pandemi Covid-19 yang menyebabkan perekonomian lesu.

Meski demikian, pihaknya tidak bisa memastikan program bantuan ini hanya yang benar-benar mempunyai usaha dan belum pernah menerima bantuan serupa.

“Prioritas pendaftar ini apakah yang belum pernah mendaftar atau tidak bisa kami sampaikan. Karena tugas Dinas Koperasi itu hanya sebagai pengusul,” paparnya.

Data yang masuk ke dalam link masih dipilah oleh Dinkopumkm. Karena, lanjut Kristyanto data itu ada yang tidak valid misalnya asal saja NIK yang kurang digit. Terus nomor NIB (nomor induk berusaha) yang asal ditulis.

“Sehingga kami singkirkan tidak kami usulkan. Dan hingga hari ini per tanggal 8 Juni akan kami daftarkan sekitar 4500,” pungkasnya.