PMKM Prima Indonesia Sebut Masalah UMKM dari Perizinan Hingga Pemasaran

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pengusaha Mikro Kecil Menengah (PMKM) Prima Indonesia menyatakan sebagian besar permasalahan yang dihadapi oleh pelaku umkm adalah masalah administrasi atau berkait dengan perizinan hingga managemen keuangan serta pemasaran.

“Permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM adalah masalah legalitas/perijinan, marketing/pemasaran, packaging produk, managemen keuangan dan permodalan,” kata Ketua Umum PMKM Prima Indonesia M. Umat, Kamis (20/5/2021).

Pihaknya bisa mengetahui hal itu berdasarkan analisis yang diperoleh. Dari awal kelahiran PMKM Prima Indonesia dibentuk dari survei yang sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

Permasalahan pelaku umkm tersebut diungkapkan pihaknya dalam kegiatan konsolidasi jajaran pengurus dewan pimpinan pusat, dewan pimpinan daerah serta cabang Kabupaten Pati di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Rabu (19/5/2021).

Meski pelaku umkm menghadapi sejumlah masalah tersebut, namun pihaknya optimis dan mengatakan mampu diatasi. Umar menegaskan apabila ada sinergi yang baik antar pelaku UMKM dan institusi yang terkait.

Sementara itu, Ketua DPC PMKM Prima Indonesia Kabupaten Pati, Andik Ferianto menyampaikan terima kasihnya kepada pimpinan daerah serta pusat yang terjun ke lapangan mempunyai perhatian lebih kepada pelaku umkm di daerah.

Menurut Andik dengan terjun langsung ke lapangan ini secara konkrit permasalahan yang dihadapi pelaku umkm bisa diketahui.

“Sehingga secara bersama dapat memunculkan solusi alternatif bagi pelaku umkm, khususnya anggota PMKM Prima Indonesia di Kabupaten  Pati,” ucapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Politisi Tak Perlu Berbusa-busa Kecam Konflik Palestina
Next post Muslihan: Hari Kebangkitan Nasional Momen Kebangkitan Ekonomi
Social profiles