Panti Rukmi, Rumah Bagi Lansia di Tengah Kota Pati

0
27
Penguni wisma lansia Panti Rukmi yang sedang mengikuti kegiatan olah raga. (Iir Khoiriyah/Samin News).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wisma Lansia Panti Rukmi, Pati Lor Kecamatan Pati kota merupakan salah satu rumah bagi para lansia di Kabupaten Pati. Panti lansia ini berada di bawah Yayasan Suster Fransiskus Dina yang berkarya dibidang sosial kemasyarakatan dan pendidikan.

“Melihat bahwa di Pati ini banyak lansia yang tidak terawat dan kurang mendapat perhatian dari keluarganya yang sibuk. Sehingga kami termotivasi untuk mendirikan panti ini sebagai bentuk bersosial, berkarya dan belajar,” ujar Suster Luisa, Penanggungjawab Wisma Lansia Panti Rukmi saat ditemui Samin News, Kamis (27/05/2021)

Suster Luisa mengatakan Panti Rukmi dibentuk pada tahun 2013 namun baru diajukan izin beroperasi pada tahun 2018. Beberapa waktu lalu pihaknya pun melakukan perpanjangan izin beroperasi dan kini Panti Rukmi telah mempunyai 19 penghuni.

“Pada awal perintisan hanya satu dua penghuni. Berjalan dari tahun ke tahun penghuni terus bertambah. Memang kadang datang banyak tapi karena sudah sepuh jadi ada yang meninggal dan berkurang,” terangnya.

Tak hanya sebagai tempat hunian bagi para lansia yang dititipkan keluarganya, Panti Rukmi juga memberikan perawatan dan bimbingan agar kebutuhan fisik, psikologis dan rohaninya terpenuhi.

“Kegiatannya bermacam-macam dan terjadwal. Ada doa dan renungan bersama, terapi, senam  kesehatan, latihan angklung dan merayakan ulang tahun para lansia,” ungkapnya.

Disamping itu, Sr. Luisa mengaku Panti Rukmi tak membeda-bedakan lansia dari agama maupun rasnya. Bahkan Panti Rukmi juga menggratiskan biaya bagi lansia yang tidak mampu dan menerima lansia yang tidak memiliki keluarga sekalipun.

Adapun pihaknya mengajukan beberapa syarat untuk calon penghuni seperti berusia minimal 60 tahun dan mandiri, atas kemauan sendiri, tidak mengidap penyakit menular, memiliki penanggung jawab.

“Meskipun memang tidak semua yang datang dapat memenuhi syarat tersebut. Tapi tetap kami terima keadaannya dan kami tulus memberikan pelayanan kepada siapa saja yang membutuhkan,” imbuhnya.

Hal tersebut selalu ditekankan Sr. Luisa agar Panti Rukmi berdiri sebagai rumah yang penuh kasih dan kebahagiaan bagi para lansia disisa hidupnya.