Dinkopumkm Pati Distribusikan Parcel Lebaran dari Produk UMKM

0
151
Muryati, Pelaku UMKM.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Diketahui Pemprov Jateng tengah menggencarkan program belanja produk parsel lebaran buatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati ikut menggencarkan program tersebut dengan mengajak pelaku UMKM di Kabupaten Pati membuat paket parsel lebaran dari produk-produk UMKM.

Kepala Bidang (Kabid) UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati, Kristyanto menuturkan sejauh ini sudah ada 100 pesanan parcel lebaran yang kini tengah dalam proses pengemasan.

“Kami hanya ikut mendistribusikan atau menerima orderan dari pada pemesan dan memfasilitasi tempat. Mengenai produk benar-benar otentik milik pelaku UMKM mulai dari kemasan dan pengemasan parcelnya juga,” katanya pada Samin News saat memantau pengemasan hampers lebaran produk UMKM, Selasa (4/05/2021)

Lanjutnya, Ia menjelaskan ada tiga produk parsel lebaran buatan UMKM yang ditawarkan yakni paket dengan harga Rp300.000, Rp 400.000 dan Rp500.000. Didalam paket parsel tersebut terdapat 10 hingga 14 produk seperti stik sayur, keripik daun kelor, abon ikan bandeng, saos, kopi robusta, keripik pisang, keripik rumput laut, keripik buah naga, dll.

Muryati, salah satu pelaku UMKM yang produknya ikut menghiasi parcel lebaran itu terlihat antusias menyusun produk-produk yang dikemasnya dalam tas anyaman rotan.

“Iya sangat membantu UMKM soalnya selama pandemi ini kan penjualan rada sepi tidak seperti sebelumnya. Jadi kami berinisiatif untuk bekerja sama membuat parcel lebaran ini,” ungkap pemilik produk keripik daun kelor ini.

Pungkas Kristyanto, Ia berharap dengan adanya inisiatif parcel lebaran dari produk UMKM dapat membantu pelaku UMKM di Kabupaten Pati yang terpuruk dan melemah di tengah pandemi Covid-19.