Hari Pertama PPDB, Kuota SMP N 4 Pati Hampir Penuh

0
99
Kepala SMP Negeri 4 Pati, Mulyono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Calon siswa didik baru tahun ajaran 2021-2022 di Kabupaten Pati telah resmi dibuka, Senin (3/5) kemarin. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) rencananya ditutup Rabu besok. Calon siswa baru itu mendaftar dengan melalui daring.

Meski masih menyisakan pendaftaran satu hari lagi, namun terdapat SMP yang hampir memenuhi jumlah siswa pendaftar baru dari kuota yang ditetapkan. Adalah SMP Negeri 4 Pati yang bahkan di hari pertama sudah hampir penuh dari kuotanya.

“Jumlah pendaftar siswa secara online di SMP N 4 Pati pada hari pertama sekitar  220 dari total kuota 256 siswa,” kata Kepala SMP N 4 Pati, Mulyono kepada Samin News.

Dari sejumlah calon siswa baru tersebut, pihaknya memaparkan mereka menggunakan jalur yang berbeda. Di antaranya adalah jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan juga jalur mutasi atau perpindahan tugas orang tua.

Artinya, dari total kuota yang ditetapkan itu hanya menyisakan 36 siswa baru. Dengan sistem pendaftaran online melalui lamman https://pati.siap-ppdb.com calon siswa bisa memilih sekolah yang bakal dituju. Di sisi lain, pihaknya menyebut bagi siswa yang tidak bisa memungkinkan daftar online, maka bisa dilakukan di sekolah.

“Siswa daftar online kalau kesulitan misalnya siswa tidak punya hp atau jaringan di daerahnya jelek, maka panitia siap membantu proses tersebut. Tetapi kemarin tidak ada, semuanya dari rumah,” jelasnya.

Pada informasi di laman https://pati.siap-ppdb.com tanggal 4 Mei di Kabupaten Pati terdapat 49 SMP yang tersebar di beberapa wilayah. Di portal tersebut calon siswa baru melalui jalur zonasi sedikitnya 6.283 ribu.

Sejumlah 2.067 siswa mengikuti pendaftaran melalui jalur prestasi. Kemudian jalur perpindahan tugas orang tua diikuti sebanyak 544 siswa yang telah mendaftar. “Sedangkan melalui jalur afirmasi tercatat 1.549 siswa,” bunyi informasi di kanal informasi tersebut.