Camat Juwana Lepas Relawan Budha Tzu Chi Salurkan Bantuan ke Lokasi

0
214
Camat Juwana Drs Sugiyono (kiri) sebelum melepas relawan Budha Tzu Chi Indonesia Korwil Jateng Korlap Pati yang dimotori, salah seorang pengusaha Kuningan Sampurna dan pemilik RS Budi Agung Juwana, Ny Lilis untuk menyerahkan bantuan sosial paket beras dan masker di wilayah Kecamatan Pucakwangi.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Camat Juwana, Drs Sugiyono, di halaman kantor kecamatan setempat, Senin (10/5/2021) tadi pagi melepas para relawan Budha Tzu Chi Indonesia Korwil Jawa Tengah, Korlap Pati. Mereka adalah para relawan dari lintas agama yang harus kembali menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Karena itu, papar yang bersangkutan, pihaknya sangat mengapresiasi bahwa Juwana mempunyai relawan yang setiap saat diterjunkan, untuk kepentingan hal-hal yang sangat dibutuhkan warga. Seperti sekarang ini, di tengah-tengah pandemi Covid-19 mereka juga selalu siaga dan mempunyai kepedulian terhadap warga.

Apalagi, saat ini juga menjelang Lebaran, sehingga bantuan yang disalurkan masyarakat di desa-desa, di wilayah Kecamatan Pucakwangi, tentu akan membawa manfaat. Sebab, bantuan yang disalurkan untuk 20 desa di wilayah kecamatan terwsebut juga cukup banyak, yaitu 10 ton beras untuk 1.000 warga.

Dengan demikian, masing-masing warga penerima untuk tiap paket adalah berusi 10 kilogram beras. ”Selebihnya, masyarakat juga menerima bantuan masker sampai 20.000 lembar,” ujarnya.

Dua korlap relawan lintas agama Juwana, Supar dan Ny Lilis siap menyalurkan paket bantuan beras dan masker untuk warga di wilayah Kecamatan Pucakwangi.(Foto:SN/aed)

Salah seorang koodinator lapangan (Korlap) relawan Juwana, Supar membenarkan, untuk relawan lintas agama di Juwana memang mendapat kepercayaan dari Budha Tzu Chi Korlap Pati. Yakni, untuk menyalurkan bantuan paket beras ke desa-desa di Kecamatan Pucakwangi.

Mengingat lokasi desa satu dan lainnya saling berjauhan, terutama yang terletak di kawasan hutan jati, seperti  Desa Treteg, Kletek dan juga Wateshaji, maka penyerahkan cukup mengambil tempat di kecamatan, untuk menghemat waktu.

Caranya, penyerahan dan penandatanganan dokumen bantuan tersebut disaksikan oleh para kepala desa masing-masing. Berikutnya sesuai alokasi beras bantuan dan masker, untuk daftar banyak paket masing-masng desa sudah ada.

Melalui upaya tersebut, diharapkan, bantuan bisa tersalur tepat sasaran sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan saat Lebaran. ”Sedangkan untuk Kecamatan Juwana sendri yang akan menadapat alokasi bantuan lagi sebanyak 5 ton, akan menyusul setelah Lebaran,” imbuhnya.