Update Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat Jelang Ramadhan

0
45

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati mencatat harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) menjelang bulan Ramadhan ini stabil. Baik itu pada tingkat harga maupun dari segi pasokan sembako terpantau normal.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagperin, Kuswantoro memaparkan data harga sembilan bahan pokok (sembako) menjelang Ramadhan, khususnya hari ini justru mengalami penurunan.

“Di antaranya harga bahan pokok yang mengalami penurunan itu adalah cabe merah keriting. Harganya Rp45 ribu per kilogram turun senilai Rp3 ribu dibanding dengan hari sebelumnya,” ungkapnya, Senin (12/4/2021).

Selain itu, kata dia cabe merah besar teropong turun senilai Rp2 ribu yakni Rp55 ribu per kilogram. Sementara untuk cabe rawit merah yang sebelumnya Rp73 ribu, kini turun menjadi Rp70 ribu dengan perubahan 4 persen.

Kondisi serupa juga dialami pada harga bawang merah lokal. Pada hari sebelumnya di pasaran tradisional melalui laporannya itu tercatat mencapai Rp26 ribu. Dan adapun untuk hari ini turun menjadi Rp25 ribu per kilogram. Penurunan ini pihaknya mencatat senilai 4 persen.

Namun demikian, penurunan harga tersebut tidak dibarengi pada harga daging murni (has). Pasalnya berdasarkan laporannya itu pihaknya mencatat justru mengalami kenaikan sebesar 1,87 persen. Dari semula harga daging murni has senilai Rp105 kini menjadi Rp107 ribu.

“Harga kepokmas aman terkendali juga dengan stok bahan pokok atau pangan aman, sementara tidak ada masalah,” tutupnya.