Peduli Korban Banjir, TBM Omah Buku Kosmasari Salurkan Bantuan

0
109
Saat penyaluran langsung bantuan kepada warga terdampak banjir.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Taman Baca Masyarakat (TBM) Omah Buku Kosmasari peduli korban banjir yang melanda di beberapa wilayah Kabupaten Pati. Belakangan, lantaran hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan sungai tak mampu menampung debit air. Sehingga permukaan air meluap ke pemukiman warga.

Bantuan TBM Omah Buku disalurkan langsung kepada masyarakat ataupun keluarga terdampak juga didroping ke posko bencana banjir di Balaidesa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Sabtu (20/2).

Ketua TBM Omah Buku Kosmasari, Muhammad Nizamuddin Ali mengatakan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian sesama saudara yang sedang tertimpa musibah. Akibat banjir itu, mereka terbatas mobilitasnya.

“Sebelumnya, kami galang donasi dari masyarakat Desa Karangsari, Cluwak berupa beras maupun uang. Kemudian, kita belanjakan dengan makanan cepat saji juga perlengkapan kebersihan,” ungkap Nizam kepada Saminnews.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa hasil dari penggalangan dana warga Karangsari itu, pihaknya memperoleh bahan mentah berupa beras, kemudian, dijual. Lalu, uang terkumpul senilai Rp5 juta.

Adapun bantuan yang diberikan, lanjutnya berupa mie instan 10 kardus, alat mandi 2 kardus, obat-obatan 2 kardus, makanan ringan 2 kardus, pembalut 3 kardus, deterjen 2 kardus, tisu 2 kardus, pempers 6 Kardus.

Sementara itu, pemerintah desa Mintobasuki mengapresiasi kepada TBM Omah Buku atas empati serta kepeduliannya bagi warga. Bantuan sosial, baik berupa kebutuhan pokok maupun perlengkapan kebersihan sangat bermanfaat di kala serba terbatas.

“Kami, pemerintah desa Mintobasuki berterima kasih kepada anak-anak muda yang tergabung dalam TBM Omah Buku, bantuan ini bermanfaat bagi warga kami,” ujar Sekretaris Desa Mintobasuki, Abdul Mustaji.

Menurutnya, bencana banjir ini mengakibatkan aktivitas warga terbatas. Jadi, kebutuhan pokok itu yang paling dibutuhkan sifatnya mendasar. Terlebih, nanti seusai permukaan air surut, alat kebersihan sangat membantu.

“Kemudian, peralatan untuk bersih-bersih rumah, termasuk obat-obatan juga pakaian kami tampung dari donatur dan kita distribusikan sesuai rumah di Mintobasuki,” tambahnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku untuk kebutuhan pokok, dalam waktu dekat ini aman. Logistik yang berada di posko banjir di balaidesa oleh para donatur, jumlahnya tercatat cukup memadai.