Baznas Bantu 106 Rumah Selama Periode Tahun 2020

0
13
Salah satu Bantuan bedah rumah dari Baznas kepada keluarga tidak mampu.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selama tahun 2020 ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati telah menyerahkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 106 rumah. Bantuan itu disalurkan kepada masyarakat yang secara umum perlu dibantu untuk merenovasi tempat tinggalnya sebagai kebutuhan dasar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Baznas, Imam Zarkasi melalui staffnya Abdullah Adib, dimana bantuan RTLH itu sebagai perwujudan dalam mendukung peran dan fungsi keluarga. Sehingga institusi keluarga bisa melaksanakan peribadatan, kesehatan maupun dalam mengayomi keluarganya.

“Harapannya dari Baznas supaya membantu mewujudkan rumah layak huni bagi keluarga miskin. Meningkatkan harkat dan martabat keluarga miskin dalam melaksanakan peran dan fungsi sebagai keluarga dalam beribadah, kesehatan keamanan dan pendidikan anak di lingkungan rumah,” katanya kepada Saminnews, Senin (19/10/2020) kemarin.

Lanjut Adib, data terakhir per awal bulan Oktober sebanyak 106 rumah yang sudah Baznas bantu di Kabupaten Pati untuk anggaran tahun 2020 ini. Semakin banyak masyarakat yang dibantu, maka akan semakin berbanding lurus terhadap cita-cita, visi dari Baznas, yaitu meningkatkan peran fungsi keluarga sebagaimana mestinya.

Sehingga, dalam beraktifitas di dalam keluarga bisa merasakan keamanan tanpa perlu khawatir dengan keadaan tempat tinggalnya. Misalnya ketika musim hujan, tanpa khawatir keamanan rumahnya dari guyuran hujan deras.

Adapun prioritas bantuan RTLH oleh Baznas itu, diutamakan bagi masyarakat yang sebelumnya belum mendapat bantuan sosial oleh pemerintah. Keluarga belum tercover dari banyaknya bantuan, dari dana desa maupun dari Kementerian.

“Iya (keluarga belum tercover, red) oleh pemerintah. Prioritas kami yang belum tersentuh dana desa, bantuan dari provinsi, maupun di daerah pelosok yang terluar,” tutup Adib.