Persiapan Pemasangan Tiang Gawang Lapangan Stadion Joyokusumo

0
91
Persiapan pemasangan tiang gawang lapangan Stadion Joyokusumo Pati dan pemadatan ''rubber'' untuk rumpout sintetis.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Menjelang berakhirnya penebaran ”rubber” penguat rumpun rumput sintetis lapangan Stadion Joyo Kusumo Pati, kini tengah dipersiapkan pula pemasangan kedua tiang gawangan. Saat ini untuk tahapan pekerjaan itu masih dilakukan ujicoba, sehingga saat nanti sudah terpasang tiang gawang tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Karena itu, pemasangan kelengkapan fasilitas lapangan sepakbola tersebut  juga harus benar-benar dimaksimalkan. Akan tetapi pemasangan tiang gawang itu tetap harus dilakukan, dan kini tengah dipersiapakan pula lubang titik untuk digali, dan setelah kedua titik lubangnya selesai digali barulah dilakukan pemasangan untuk tiang gawangnya.

Di sisi lain, saat ini para pekerja yang harus menangani penataan rumpun rumput sintetis, papar salah seorang pelaksana lapangan rekanan yang melaksanakan pekerjaan itu, Edy, juga masih terus melakukan penebaran ”rubber.” ”Meterial dari serpihan lembut karet warna hitam tersebut adalah sebagai penguat dan tegaknya rumpun rumput buatan pabrik itu,”ujarnya.

Persiapan pemasangan tiang gawang lapangan Stadion Joyokusumo Pati dan pemadatan ”rubber” untuk rumpout sintetis.

Berkait dengan penebaran ”rubber”, lanjutnya, juga harus benar-benar cermat karena material karet lembut itu harus bisa merasa di sela-sela rumpun. Dengan demikian, tiap rumpun rumput baru bisa berdiri tegak, dan untuk melekatkan ”rubber” maka di bawahnya telah ditebar pula pasir silika, barulah butiran karet tersebut ditebar secara merata di sela-sela rumpun.

Untuk memperkuat bahwa ”rubber” benar-benar menjadi penahan tegaknya rumpun rumput, maka salah satu cara yang dilakukan adalah menggilasnya. Hal itu juga merupakan salah satu cara, agar ”rubber” tidak tidak banyak berpindah saat nanti lapangan rumput sintetis itu digunakan, dan sepatu pemain saat menendang bola menekan ke bawah, sehingga ”rubber” akan ikut terangkat tentunya.

Mengingat hal tersebut, maka sebelum pelaksanaan pekerjaan tersebut tuntas seluruhnya maka penggilasan rumputnya harus dilakukan maksimal. ”Barulah selesai itu, lapangan digunakan untuk uji coba, dan akan lebih baik yang melalukan uji coba tersebut adalah para pemain bola biar mengetahui perbedaan main di lapangan  rumput sintetis dan main di lapangan rumput biasa,”imbuhnya.