Gerakan Pakai Masker di Seluruh Desa/Keurahan se-Kecamatan Pati

0
126
Camat Pati Didik Rusdiartono bersama Ketua TP PKK Kecamatan Pati, Ny Hj Istifaiyah Didik Rusdiartono (batik biru) saat menyerahkan masker kepada TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecaatan ati, di aula Kantr Kecamatan Pati, Selasa (8/9) tadi pagi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bersamaan dengan berlangsungnya rapat koordinasi (Rakor) PKK Kecamatan Pati, Selasa (8/9) hari ini ini, berlangsung pula ”Gebrak Masker”. Selain itu dalam waktu yang sama juga dilaksan oleh akan pemberian santunan kepada anak yatim oleh TP PKK Kecamatan Pati.

Hadir dalam kesematan itu, selain Camat yang bersangkutan Didik Rusdiartono bersama Ketua TP PKK Kecamatan Pati, Ny Hj Istifaiyah Didik Rusdiartono beserta jajaran dan Ketua TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Pati juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martonus Budi Prasetya. Selain itu hadir pula perwakilan Edro Center, perwakilan PD BPR BKK dan perwakian Bank Daerah Pati (BDP).

Saat memberikan sambutan, Camat Pati Didik Rusdiartono mengucapakan terima kasih atas dukungan terselenggaranya ”Gebrak Masker”, di mana para  stakeholder bersama memberikan bantuan masker. ”Selain itu ucapan yang sama juga kami sampaikan kepada ibu-ibu TP PKK Desa/Kelurahan yang telah mensosisalisasikan gerakan pemakaian masker dan pembagiannya kemasyarakat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,”ujarnya.

Camat Pati Didik Rusdiartono bersama Ketua TP PKK Kecamatan Pati, Ny Hj Istifaiyah Didik Rusdiartono (batik biru) saat menyerahkan masker kepada TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecaatan ati, di aula Kantr Kecamatan Pati, Selasa (8/9) tadi pagi.

Selain itu, lanjut Didik Rusduartono, sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No 49 Tahun 2020 tentang Pedoman Menuju Tatanan Normal Baru Pada Masa Pandemi virus Corona. ”Karena itu, ibu-ibu TP PKK Desa/Kelurahan diminta bisa memberi edukasi kepada keluarga dan warga sampai tingkat Dawis agar senantiasa memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan dalam tatanan kehuduan baru masa pandemi Covid-19,”imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPBD Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya antara lain mengatakan, bahwa bencana alam/nonalam bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi juga merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, media dalam menghadapi pandemi Covid-19. Karena itu, masyarakat harus senentiasa mematuhi protokol kesehatan dalam menyongsong kehduan baru pada masa pandemi Covid-19.

Mengingat TP PKK/ibu-ibu merupakan garda  terdepan masyarakat dalam upaya mesosialisasi pemakaian masker dan mematuhi protokol kesehatan. ”Dengan demikian ibu-ibu daat membantu memberikan edukasi kepada warga yang keluarganya meninggal karena Covid-19 agar tidak menolak pemakaman sesuai protokol kesehatan.”

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Pati, Hj Istifaiyah Didik Rusdiartono mengatakan, ”Gebrakan Masker” PKK merupakan tindak lanjut surat edaran PKK Provinsi melalui PKK Kabupaten serta instruksi Bupati No 01 Tahun 2020. Yakni tentang Disiplin Pemakaian Masker  Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Adapun Gebrakan Masker  TP PKK Kecamatan Pati dilakukan di 29 Desa/Keurahan se-Kecamatan Pati dengan berbagai teknik cara.”Sosialisasi pemakaian masker yang benar, peragaan pemakaian masker secara bersamaan, dan pembagian masker di tempat-tempat umum, baik itu di jalan raya maupun pasar dan mushala,”paparnya.