Lebaran Sebentar Lagi, Harga Sembako di Pasar Puri dalam Kondisi Stabil

0
9
pedagang Pasar Puri Baru Radiman.

SAMIN-NEWS.com, PATI Tinggal besok lusa, secara kalender nasional sudah masuk lebaran Hari Raya Idul Fitri Tahun 2020 M. Disaat menjelang bulan Syawal itu, harga sembako di Pasar Puri Baru dianggap masih dalam kondisi yang stabil. Harga beras juga dinilai pedagang dalam penjualannya tak naik.

“Menjelang lebaran ini masih stabil sih, gak ada perubahan atau kenaikan yang cukup besar. Harga beras standar juga sama dengan yang sebelumnya yaitu 10 ribu-an,” kata pedagang Pasar Puri Baru Radiman kepada Saminnews, Jumat (22/5/2020).

Pastinya harga menyesuaikan dengan kualitas barang itu sendiri. Karena harganya bervariatif ada yang 9 ribu ada juga yang lebih. Tergantung dari yang dibutuhkan pembeli, cari diharga berapa dan tentunya juga menyesuaikan anggaran yang dimilikinya, tambahnya.

Radiman menilai, harga telur yang untuk saat ini tak stabil. Dan selebihnya harganya ada yang turun. Untuk harga gula pasir turun  17 ribu rupiah, yang sebelumnya lebih dari itu, bahkan mencapai hamper  19 ribu rupiah lebih. Akan tetapi juga ada yang naik, meski tak banyak. Menurutnya, harga minyak goreng saat ini 12,5 ribu rupiah yang sebelumnya cuma 12 ribu rupiah.

Dari berbagai jenis bahan pokok itu, beras merupakan yang termasuk menjadi paling banyak dibeli oleh warga. Dan selebihnya merupakan kebutuhan tambahan atau pelengkap. “Yang paling laku beras, kalau yang lain, misalnya telur, itu kan sebagai pelengkap aja sih,” paparnya.

Disaat pandemi Covid-19 ini, ada penurunan jumlah pembeli. Akan tetapi penurunan jumlah pembeli itu ketika awal virus corona mencuat dipermukaan publik. Dan sekarang, terhitung sudah lama sejak kemunculannya telah stabil kembali, pungkasnya.