Bupati Haryanto; Tak Ada Masalah Dalam Kehidupan Umat Beragama di Kabupaten Pati

0
22
Bupati Haryanto memberikan sambutan saat kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (SN.dok/Sigit)
SAMIN-NEWS.com – Bupati Pati Haryanto meyakini, tidak ada masalah dalam kehidupan umat beragama di Pati. Masyarakat dengan berbagai aliran kepercayaan yang dianutnya dapat hidup damai berdampingan. Hal ini, menurutnya, antara lain terbukti dengan keberadaan desa-desa berjuluk Desa Pancasila, Desa Kerukunan, dan Desa Toleransi di Kabupaten Pati.

Hal ini diungkapkan Haryanto ketika menghadiri Mujahadah Rubu”ussanah Sholawat Wahidiyah di Pendopo Kabupaten Pati, Minggu (24/11/2019). Mujahadah ini digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebagai kepala daerah, lanjut Haryanto, dirinya juga senantiasa menaungi seluruh masyarakat, apa pun agama dan kepercayaan yang dianutnya.

“Satu contoh, saya tidak pernah melarang Pendopo Kabupaten Pati ditempati untuk kegiatan keagamaan. Selagi tidak bersamaan dengan kegiatan lainnya, saya selalu mempersilakan. Sebab, saya sebagai orang tua harus menaungi kehidupan beragama di Pati secara keseluruhan,” Ungkapnya.

Setiap malam Jumat, lanjutnya, jika tidak kebetulan ada kegiatan lain, di Pendopo Kabupaten Pati juga selalu ada kegiatan Mujahadah Sholawat Wahidiyah. Haryanto mengatakan, ia mendukung kegiatan ini. “Saya senang karena rutin. Lagipula teman-teman tidak pernah membebani saya. Saya juga berterima kasih karena selalu ikut didoakan,” Ujar Haryanto.

Baginya, mujahadah yang rutin dilaksanakan tersebut bukan hanya untuk kepentingan pengamal Wahidiyah, melainkan juga demi mendoakan keselamatan bangsa dan seluruh masyarakat”Niat yang mulia, niat yang baik ini, patut kita uri-uri dan kita kembangkan,” Katanya.

Pada kesempatan tersebut, Haryanto juga mengatakan bahwa dirinya telah lama mengenal Romo KH Abdul Latif Madjid yang merupakan Pengasuh Perjuangan Wahidiyah.”Kita doakan beliau selaku yang dituakan dan membesarkan Jamaah Wahidiyah di seluruh Indonesia.Kita doakan semoga beliau sehat, diberi kekuatan, diberi keberkahan, dan selalu dilindungi oleh Allah,” Ungkapnya.

Haryanto juga mengapresiasi penyelenggara acara ini yang memberi kepercayaan pada anak-anak untuk memandu jalannya acara.Menurutnya, sangat jarang ada kegiatan semacam ini yang memberi kesempatan pada anak-anak di bawah usia remaja untuk memandu kegiatan.”Kita berikan apresiasi. Mudah-mudahan anak-anak ini nanti menjadi anak yang berguna bagi agama, nusa bangsa, dan negara. Khususnya juga bagi pengamal Wahidiyah di Kabupaten Pati,” Pungkasnya (SN/Sigit)