Progres Revitalisasi Alun-alun Pati Capai 25 Persen

Keterangan foto (1 dan 2): Pembuatan gapura masuk Alun-alun Simpanglima Pati dengan tinggi 7 meter di sisi selatan dan dipuncak lengkung gapura diletakkan sebuah ”kuluk” tinggi 1,2 meter (atas).
Pembuatan pot-pot besar untuk pohon dan tanaman hias berbunga indah di sisi utara dan selatan Alun-alun Simpanglima Pati, memasuki tahapan finishing.(bawah)


PATI – Rekanan pemenang tender proyek Revitalisasi Alun-alun Simpanglima Pati PT Tri Mega Indah Semarang yang melakukan kerja sama operasional (KSO) dengan PT Aneka Tata Lanskap Pati, sejak menerima surat perintah kerja (SPK) 22 April lalu hingga sekarang progres pelaksanaan pekerjaannya sudah mencapai 25 persen. Hal itu menunjukkan, sebagian pekerjaan yang direncanakan sudah mulai berlangsung maksimal.
Dengan demikian, kata Dirut PT Aneka Tata Lanskap Afiet didqmpingi pelaksana lapangan rekanan yang bersangkutan, Ahmad, dari 150 hari kaleneder untuk menuntaskan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya juga sudah berjalan efektif. Apalagi, tiap hari pihaknya rata-rata mengerahkan hampir 150 orang pekerja.
Karena itu, jika pembuatan pot berukuran besar untuk tanaman dan pohon berbunga indah di sisi utara dan selatan alun-alun, kini sudah memasuki tahap finishing. Yakni, tinggal mempercantiknya dengan batu tempel hias, sehingga diharapkan maksimal satu bulan atau pertengahan Juli mendatang untuk pekerjaan itu sudah tuntas.
Untuk bagian pekerjaan lainnya yang kini tengah berjalan, selain pembuatan bak penampung air untuk cadangan penyiraman bila musim kemarau juga tengah berlangsung. ”Selain itu pembuatan taman pada sisi menikung (R) di empat sudut alun-alun juga tak ketinggalan, termasuk pembuatan taman di pelataran sisi barat dan timur,”ujarnya.
Selain itu, katanya lagi, yang juga terus dimaksimalkan adalah penyelesaian pembuatan saluran pembuang (drainase) di sekeliling lingkungan alun-alun, tapi baru bisa terlaksana sebagian karena menggunakan material pasangan batu. Selebihnya, tentu beberapa pekerja  masih melanjutkan penyelesaian pekerjaan pembuatan gapura.
Khusus pekerjaan penataan lapangan rumput juga sudah dipersiapkan penataan lahannya, serta persiapan pembuatan peresapan. Selebihnya persiapan pekerjaan pembuatan ”jogging track” sekeliling lapangan rumput, tapi hal itu akan didahului dengan pemasangan batu granit pada pelataran semua sisi.
Karena itu, tahapan pekerjaan berikutnya akan dikonsentrasikan pada bagian-bagian pekerjaan tersebut, menyusul pemasangan material ”jogging track.” ”Baru pada tahap akhir adalah penanaman rumput, pemasangan lampu hias baik di taman-taman maupun di sekeliling alun-alun, karena ada permintaan Agustus pekerjaan itu bisa dituntaskan, dan kami tetap akan berupaya maksimal,”imbuhnya.(adv)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Fraksi-fraksi Penyampai Pandangan Umum dalam Rapat Paripurna DPRD;(5) Fraksi Partai Demokrat
Next post Fraksi-fraksi Penyampai Pandangan Umum dalam Rapat Paripurna DPRD;(6) Fraksi Partai Hanura dan (7) Nasdem
Social profiles