Pemkab Pati Dapat Memenuhi Unsur Pengelolaan Keuangan Daerah Secara Baik

Bupati Haryanto, Sekda Pati Suharyono, Wakil Bupati Saiful,  dan Ketua DPRD Pati Ali Badrudin dalam rapat paripurna Penjelasan Bupati Pati tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran (TA) 2018, Senin (10/6) tadi siang.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dinilai dapat memenuhi unsur-unsur pengelolaan kewuangan daerah secara baik. Sehingga prestasi tersebut di satu sisi memacu untuk terus mempertahankan, memperbaiki dan meningkatkan sistem pengendalian intern, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan.
Hal itu dibuktikan dengan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akutansi pemerintah, efektivitas sistem pengendalian intern, serta kepatuhan terhadap peraturan perindang-undangan. Karena itu, dalam pelaksanaan APBD komitmen dari semua pihak, baik dari unsur eksekutif, legoslatif dari tingkat pengambil keputusan sampai tingkat staf pelaksana selalu diharapkan.
Bupati Haryanto mengungkapkan hal tersebut dalam Rapat Paripurna DPRD Penjelasan Bupati tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran (TA) 2018, Senin (10/6) siang tadi. Sehingga, katanya lagi, kita dapat mengelola keuangan dengn praktik-praktik terbaik, dan tetap terjaga akuntabilitasnya.
Sedangkan laporan keuangan tersebut secara substansial dan tingkat validitasnya telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama dua bulan, masing-masing-masing audit pendahuluan selama satu bulan. ”Untuk satu bulan berikutnya adalah audit terinci terhadap laporan keuangan,”ujarnya.
Bupati Haryanto, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin didampingi Wakil Ketua Hardi, dan Muhammadun.(Foto:SN/aed)

Alhamdulillah, masih kata Haryanto, Pemkab Pati mampu mempertahankan dengan memperoleh opini ”Wajar Tanpa Pengecualian” (WTP). Opini atas laporan Pemkab Pati Tahun 2018 merupakan perolehan tahun keempat, karena telah memenuhi tiga hal tersebut  di atas.
Sedangkan laporan lebih lengkap  penggunaan dan arus transaksi telah disiapkan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) beswrta lampiorannya. Diharapkan laporan ini menjadi bahan DPRD untuk menilai kinerja Pemerintah Kabuoaten Pati Tahun 2018, serta berbagai hal yang masih kurang dan belum terealisasi secara tuntas, mudah-mudahan dapat menjadi bahan perbaikan di tahun berikutnya.
Karena itu, Bupati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tongginya kepada segenap anggota Dewan yang telah seksama memperhatikan dan menyimak atas laporan yang disampaikan. Lagi [ula dengan tulus Bupati juga minta maaf sebesar-besarnya bila madsih terjadi kekurangan juga terhadap harapan masyarakat yang belum dapat dipenuhi.
Akan tetapi semua itu bukanlah suatu kesengajaan, melainkan karena keterbatasan sumberdaya yang memang harus kita hadapi bersama. ”Akhirnya marilah kita memohon semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan kekuatan lahir batin kepada kita semua,”imbuhnya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Antrean Panjang Ratusan Warga yang Mengurus PKB
Next post Jangan Jadi Manusia yang Bangkrut
Social profiles