DPRD Pati; Hari Pertama Masuk Kerja Langsung Rapat Paripurna

Sekretaris DPRD Pati, Bambang Santoso.(Foto:SN/dok-aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran, Senin (10/6) besok, DPRD Pati lengsung menggelar rapat paripurna. Rapat dijadwal siang sekitar pukul 14.00, karena Ketua DPRD setempat, H Ali Badrudin pagi harinya harus menghadiri agenda halalbihalal dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Kantor Gunernuran.
Hal sama juga dilakukan Bupati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekda Suharyono bersama seluruh jajaran pimimpin organisasi perangkat daerah (OPD).Selesai acara tersebut, langsung kembali ke Pati karena jajaran legislatif sudah menunggu dengan rapat paripurna yang sudah dijadwalkan Badan Musyawarah (Banmus).
Ditanya berkait hal tersebut Sekretaris DPRD setempat, Bambang Santoso membenarkan, dan sesuai agenda Banwus selesai rapat paripurna juga dilanjutkan halalbihalal antara jajaran eksekutif dan legislatif. Sedangkan rapat paripurna di hari pertama masuk kerja tersebut berkait Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran (TA) 2018 oleh Bupati.
Agenda rapat paripurna itu menyusul selesainya APBD Kabupaten Pati Tahun 2018 diperiksa tujtas oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sehingga perlu ditindaklanjuti dengan penjelasan pelaksanaannya oleh Bupati di depan rapat paripurna. ”Masih di hari yang sama, pukul 16.00 agenda dilanjutkan dengan rapat fraksi,”ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut,  katanya lagi, semua fraksi akan menyusun pandangan umum terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati Tahun 2018. Sebab hari berikitnya, Selasa (11/6) dilanjutkan rapat paripurna Penyampaian Pandangan Uum Fraksi, disusul Rabu (12/6) rapat peripurna Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi.
Di hari itu juga Fraksi akan menyusun pendapat akhir terhadap raperda tersebut, karena hari berikutnya, Kamis (13/6) Badan Anggaran (Banggar) DPRD melakukan rapat Banggar bersama TAPD dan OPD. ”Materinya membahas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Pati Tahun 2018.
Masih terkait dengan raperda yang sama, Jumat (14/6) dan Sabtu (15), masih harus dilanjutkan lagi rapat  komisi-komisi dengan OPD. ”Mulai Minggu (16/6) s/d Rabu (19/6) kunjungan kerja (kunker) komisi-komoidi ke luar daerah,”imbuhnya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Panitia tak Jamin Keamanan; Izin Pertunjukan Dangdut Jangan Harap Bisa Keluar
Next post TPI Unit II Juwana Aktif Lelangkan Ikan Mulai Besok
Social profiles