Ketua DPRD;Semua Pansus Proaktif

Ketua DPRD Pati, H Ali Badrudin (kiri) didampingi salah satu Wakil Ketua H Muhammadun dan Plt Sekretaris DPRD setempat, Bambang Santo saat memimpin rapat paripurna internal, di ruang rapat paripurna, Senin (10/12) hari ini.(Foto:SN/adv/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Ketua DPRD Pati, H Ali Badrudin mengharap agar seluruh anggotanya proaktif sebagai anggota panitia khuss (pansus). Dengan demikian, setiap fraksi di lembaga legislatif ini juga mengirim dan menempatkan anggotanya dalam pansus tersebut, tapi konsekeunsinya mereka harus benar-benar aktif dalam rapat pansus.
Tujuannya, jika pansus harus membahas raperda semua anggota pansus ikut terlibah sehingga mengetahui benar, produk hukum apa yang telah dihasilkan oleh DPRD. Dengan demikian, jika mereka tidak aktif, mana mungkin bisa mengetahui secara detail produk-produk hukum dalam bentuk peraturan daerah (perda) yang dihasilkan.
Penegasan tersebut disampaikan, seusai yang bersangkutan memimpin Rapat Paripurna internal DPRD Pembentukan Pansus Terhadap Raperda eksekutif tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan, di ruang rapat paripurna, Senin (10/12) hari ini. Dalam waktu yang sama juga diagendakan pembentukan pansus terhadapa Raperda tentang Perubahan Perda Kabupaten Pati No 3 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.
Sesuai agenda yang disusun oleh Badan Musyawarah (Banmus) tersebut, akhirnya berhasil dibentuk Pansus I beranggotakan 15 orang diketuai H Sismoyo, Wakil Ketua, Mussalam, dan Sekretaris, H Didin Hasannudin. ”Pansus ini bertugas membahas Raperda eksekutif tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan,”ujarnya.
Untuk Pansus II, katanya lagi, sebanyak 14 orang yang diketuai Teguh Bandang Waluyo, Wakil Ketua, H Mulyanto, dan Sekretaris Hj Siti Maesaroh. Pansus ini bertugas membahas Raperda tentang Perubahan atas Perda Kabuoaten Pati No 3 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.
Selesai pembentukan pansus untuk pembahasan satu raperda perubahan atas Perda No 2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, dan raperda tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan, kembali akan ditundaklanjuti, Senin (17/12) mendatang. Sedangkan mulai Selasa (11/12) besok hingga Jumat (14/12), adalah jadwal seluruh anggota Pansus akan melakukan konsultasi dan studi komprehensif ke daerah yang sudah ditetapkan.
Untuk jumlah pansus yang terbentuk, selain hari ini sebanyak dua pansus yang semuanya beranggotakan 29 orang sebelumnya juga terbentuk satu pansus lainnya., beranggotakan 17 orang. Pansus tersebut diketuai Bambang Susilo, Wakil Ketua Wisnu Wijayanto, dan Sekretaris Jamari dengan tugas membahas masalah materi Tata Tertib (Tatib) DPRD.
Dengan demikian, kesibukan anggotanya menjelang akhir tahun ini benar-benar luar biasa karena harus menuntaskan kegiatan yang sudah dijadwal, termasuk kegiatan internal parpol menjelang berlangsung Pemilu 2019 mendatamg. ”Terlepas dari kegiatan parpol, sehurusnya tugas di lembaga legislatif tetap harus dimaksimalkan, salah satu di antaranya adalah ikut serta dalam rapat pansus,”tanfasnya.(sn-adv) .

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post LEGAL OPINION ,BIAR KLIEN KITA TIDAK TERSESAT
Next post Kajari Pantau Pembangunan Taman Bandeng di Ujung Barat JLS
Social profiles