Wabup Hadiri Sedekah Bumi Desa Ngawen

Perayaan adat melalui kegiatan sedekah bumi di desa Ngawen Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati.(Foto:dok SN/sgt)

SAMIN-NEWS.COM PATI- Perayaan adat melalui kegiatan sedekah bumi di desa Ngawen Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati kali ini nampaknya menjadi momentum khusus bagi warga. Hal itu menyusul dengan hadirnya orang nomor 2 di Kabupaten Pati yang ikut menghadiri dalam acara tradisi sedekah bumi yang merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di Pulau Jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu.

“Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat Jawa yang berprofesi sebagai petani dan nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak family mereka dari mengais rezeki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di Bumi,”Ungkap Wakil Bupati Pati Saiful Arifin saat menghadiri acara sedekah bumi di desa ngawen.

Menurutnya, Kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan setiap tahun oleh warga ngawen bertujuan untuk mensinergikan seluruh elemen dari kalangan tua muda agar bisa bersatu bergotong royong membangun, dan memajukan lingkungan dan bangsa.”Acara sedekah bumi ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas kesuburan, kemakmuran, dan ketentraman Desa Ngawen,”Katanya.

Acara adat yang selalu dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat desa ngawen, untuk melakukan arak-arakan merupakan kebahagiaan rasa syukur warga kepada Allah SWT,”Mari kita sama-sama mengucapkan rasa syukur itu dengan mengikuti acara ini dengan baik , dan saya berharap kita dapat terus menjalin silaturahmi agar jangan sampai ada gesekan ataupun pertentangan. Mari kita buat Desa Ngawen ini adem, tentrem dan damai”, pungkasnya.(sgt/hk)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Safin Harap generasi Muda Jauhi Narkoba
Next post CV Anugrah Sinar Laut Lakukan Pembelian Produksi Garam Rakyat
Social profiles