Kurangi Angka Pengangguran, Dewan Minta Pemkab Ciptakan Lapangan Kerja

SAMIN-NEWS.com, PATI -Angka pengangguran di Kabupaten Pati masih cukup tinggi. Angka pengangguran terbuka ini didominasi oleh lulusan SMA sederajat hingga pendidikan tinggi. Banyaknya pengangguran ini dikarenakan tak ada pembukaan lowongan kerja.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berupaya mengentaskan pengangguran melalui penciptaan lowongan pekerjaan. Sehingga pengangguran bisa ditekan.

“Harapan kami Pemkab menciptakan lowongan kerja. Salah satunya adalah menarik investor untuk menanamkan investasi dan membuka perusahaan di Pati. Ini mampu mengurangi masalah pengangguran,” ujarnya.

Lanjutnya, instansi terkait melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) sebisa mungkin bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar untuk menggelar job fair. Artinya mampu memfasilitasi menempatkan pencari kerja kepada perusahaan yang membutuhkan.

“Even job fair bisa dimanfaatkan masyarakat terutama para pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan bisa memilih dan melamar perusahaan sesuai kriteria yang ditentukan,” sambung Muntamah.

Ia menambahkan, angka pengangguran yang rendah maka pihaknya meyakini kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. Pasalnya, tak kebingungan mencari pendapatan setelah lulus sekolah. Hal ini, katanya juga dapat menekan angka kemiskinan di Kabupaten Pati. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post DPRD Pati Ajak Masyarakat Peduli Kendeng dengan Langkah Penghijauan
Next post Dewan Dorong Kader Kesehatan Aktif Tangani Stunting di Desa
Social profiles