DPRD Pati Ajak Masyarakat Peduli Kendeng dengan Langkah Penghijauan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Wilayah Pegunungan Kendeng sebagai kawasan zona hijau berfungsi sebagai daerah resapan. Namun karena kondisi hutannya gundul membuat fungsi tersebut tidak berjalan seperti ekspektasi. Alih lahan hutan disebut jadi pemicunya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Pati Sukarno, mengajak seluruh elemen masyarakat peduli dengan hutan Pegunungan Kendeng dengan cara reboisasi atau penghijauan. Penanaman ini dimaksudkan untuk mengembalikan lagi fungsi hutan dan mengurangi bencana banjir.

Akhir bulan Maret kemarin, pihaknya bersama sejumlah komunitas pemerhati lingkungan melakukan penghijauan di sekitar Goa Larangan, Kendeng. Upaya ini menurutnya tidak bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, melainkan membutuhkan waktu.

“Harapannya di tahun-tahun mendatang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. Baik manfaat bagi peningkatan ekonomi dan manfaat bagi kelestarian lingkungan mencegah terjadinya banjir,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya melakukan penanaman tanaman buah-buahan. Dirinya menyebut tanaman buah termasuk tanaman keras mampu menjaga lingkungan di sisi lain memberi keuntungan bagi masyarakat saat panen datang.

“Mudah-mudahan kegiatan ini membuat semua pihak lebih peduli menjaga kawasan hutan Pegunungan Kendeng. Karena manfaatnya kembali lagi kepada masyarakat,” tutup anggota dewan yang getol terhadap lingkungan ini. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Anggota Dewan Bandang Dukung Normalisasi Sungai di Pati
Next post Kurangi Angka Pengangguran, Dewan Minta Pemkab Ciptakan Lapangan Kerja
Social profiles