Dewan Dorong Kader Kesehatan Aktif Tangani Stunting di Desa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Isu stunting menjadi mengemuka karena menjadi salah satu program prioritas pemerintah secara nasional melalui dana desa. Stunting yaitu gangguan pertumbuhan pada anak yang ditandai kurangnya tinggi badan saat dibandingkan dengan dengan anak-anak seusianya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah mendorong peran kader kesehatan di desa agar membantu menangani masalah stunting. Dengan intervensi baik pendanaan perencanaan dan aksi maka diharapkan stunting dapat dicegah dari unit terbawah pemerintah desa.

“Menurut kami sebagai dewan sangat efektif lantaran kader kesehatan sebagai garda depan berinteraksi dengan masyarakat. Jadi harapannya kader kesehatan dapat membantu mengatasi masalah stunting,” ujarnya.

Dia menyatakan peran kader yang ada di desa sangat vital. Sehingga mereka harus diberi penguatan kelembagaan dengan pengetahuan yang mumpuni supaya mampu memahami tindakan apa yang harus diambil.

“Dengan dukungan serta penanganan yang serius dari berbagai pihak maka kami optimis masalah stunting di Kabupaten Pati dapat dicegah sesuai dengan target yang ditetapkan,” paparnya.

Gangguan stunting dapat menghambat tumbuh kembang serta menganggu potensi pada anak. Sebab anak tidak tidak dapat tumbuh dengan seimbang. Oleh karena itu, ia juga mendorong agar orang tua menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat, memberi makanan tambahan dengan gizi cukup. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Kurangi Angka Pengangguran, Dewan Minta Pemkab Ciptakan Lapangan Kerja
Next post Ketua DPRD Dukung Kemajuan Sektor UMKM
Social profiles