Ketua DPRD Usulkan Buat Sungai Sodetan

SAMIN-NEWS.com, PATI -Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin mengusulkan agar dilakukan pembangunan sungai sodetan. Pembuatan untuk menangani bencana tahunan di wilayah Kabupaten Pati setiap musimnya.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD saat menghadiri kegiatan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 yang digelar di Pendopo Pati, kemarin.

Sebagaimana diketahui Kabupaten Pati sering dilanda banjir saat musim hujan sedangkan mengalami kekeringan saat musim kemarau datang. Lantas, pihaknya mengusulkan penanganan bencana jangka panjang.

Menurutnya sungai sodetan ini perlu dibangun di aliran Sungai Silugonggo Juwana. Aliran sungai yang besar tersebut kerap menjadi pemicu terjadinya banjir di pinggiran wilayah yang dilalui.
“Menurut kami perlu membuat sungai sodetan dari Sungai Juwana. Itu juga harus kita perhatikan dan dimasukkan ke dalam RPJPD,” katanya.

Dia menegaskan wilayah Kabupaten Pati yang memiliki banyak potensi bisa membawa kesejahteraan masyarakat. Makanya, sebisa mungkin penanganan bencana jangka panjang ini diminta agar dimasukkan ke dalam RPJPD.

“Tidak mungkin penderitaan ini kita alami terus menerus. Karena sebenarnya Kabupaten Pati ini gemah ripah loh jinawi kalau tidak terkena bencana banjir maupun kekeringan,” jelasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ketua DPRD Minta Pemkab Pati Buka Mata Soal Penanganan Bencana
Next post Paripurna Pembahasan Raperda Pertanian DPRD Pati Ditunda
Social profiles