Tim Penelitian Model Perangkat Pembelajaran IPS Moderasi Beragama Berorientasi Enterpreneurship dan Mitigasi Bencana

SAMIN-NEWS.com,Latar belakang penelitian ini yaitu Kota Semarang mempunyai kehidupan masyarakat yang plural dan multikultural, pandangan moderasi beragama sangat penting agar masyarakat dapat berdialog tentang keragaman, baik itu agama, kepercayaan, falsafah hidup, ilmu pengetahuan, tradisi, dan kearifan lokal. Moderasi beragama dalm penelitian ini merupakan upaya memahami dan mengamalkan kembali ajaran yang telah dianjurkan oleh agama yaitu bertindak adil, agar terhindar dari ajaran yang menyimpang nantinya.

Melalui moderasi beragama dapat berbentuk berbagai sikap yang luhur saat berada di lingkungan manapun. Entrepreneurship dan mitigasi bencana sebagai alternatif untuk diintegrasikan dalam pembelajaran IPS di SMP Kota Semarang. Disisi lain dalam pembelajaran IPS di sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka diharapkan dapat menginterpretasikan sesuai dengan lingkungan sekitar.

Penelitian ini diketuai oleh Andarweni Astuti, SE., MM. (Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik ST. Fransiskus Assisi Katolik Semarang). Adapun anggota penelitian yaitu Ferani Mulianingsih, S.Pd., M.Pd. (Universitas Negeri Semarang). Penelitian ini dilaksanakan lintas Universitas dan lintas kementerian.

Selain didasari oleh bencana yang terjadi di Kota Semarang, analisis situasi juga tim peneliti ambil dari analisis data dokumentasi perangkat pembelajaran guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kota Semarang. Hasil dari analisis data dokumentasi perangkat pembelajaran tersebut, guru belum mengintergrasikan kondisi sekitar dalam perangkat pembelajaran.

Tim penelitian melalui program Penelitian Kementerian Agama dengan judul model perangkat pembelajaran IPS moderasi beragama berorientasi entrepreneurship dan mitigasi bencana. Berdasarkan hasil dari studi dokumentasi yaitu melalui berbagai penelusuran pustaka yang telah dilakukan oleh tim peneliti, belum ditemukan penelitian yang membahas mengenai entrepreneurship dan mitigasi bencana sebagai alternatif pengembangan model perangkat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial moderasi beragama.

Konsep entrepreneurship dan mitigasi bencana merupakan dua konsep yang berbeda, akan tetapi dalam penelitian ini ditarik dijadikan alat analisa dalam mengkaji objek penelitian, khususnya dalam pembelajaran IPS. Tidak hanya itu, peneliti disini menggunakan kedua konsep tersebut dengan dilandaskan pada moderasi beragama. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan gambaran mengenai pembelajaran IPS di tingkat SMP/MTs sangat penting dalam aktifitas sosial, karena dapat membimbing peserta didik untuk mewujudkan kerukuran di lingkungan masyarakat.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Persipa di Dasar Klasemen, Joni Kurnianto Minta Dukungan Masyarakat
Next post Bawaslu Grobogan: Generasi Z Sangat Menentukan pada Pemilu 2024
Social profiles