Berkah El Nino Bagi Petani Tembakau oleh: Sri Wartini,S.P

SAMIN-NEWS.com, Aneh…!! itulah yang terbersit pertama kali ditelinga kita. Bagaimana bisa El Nino membawa Berkah bagi petani ditengah kemarau panjang yang melanda Negara kita Indonesia khususnya Pati Jawa Tengah.

Benar sekali, tapi itulah kenyataannya. Bahwa el nino adalah keadaan musim kemarau panjang yang bagus untuk pertumbuhan tanaman tembakau, bahkan saat proses panen dan pasca panen tanaman tembakau  juga sangat membutuhkan cuaca panas.

Tembakau adalah tanaman perkebunan yang tidak mati dalam cuaca panas yang panjang, tapi justru mati bila tergenang air. Tanaman tembakau hanya membutuhkan sedikit air untuk pertumbuhannya.

“Harusnya Pati tembus 1000 Hektar tanam tembakau tahun 2023 ini”, ungkap pak Heri selaku PPL tembakau dari PT.Sadana saat pertemuan kelompok petani catur karya desa Srikaton Jaken 23 Agustus 2023 kemarin. Dan Alhamdulillah  Pati sudah menjalin kemitraan tanam tembakau dengan PT.Sadana Arif Nusa . Dimana petani nantinya dibekali teori, saprodi dan dibimbing PPl tembakau dari perusahaan tersebut sampai panen dan pasca panen.

Dengan adanya El Nino petani tembakau bisa tersenyum manis . “ Baru kali ini  daun  tembakau rasanya  benar-benar manis dan tidak  terasa pahit” ucap pak Parlan ,  mengungkapkan rasa syukurnya panen tembakau 2,5 hektar . Karena dari tahun ke tahun setiap musim tanam III / musim kemarau beliau selalu menanam cabai yang harga jualnya fluktuatif tidak tentu. Sementara tanaman tembakau jelas ada kepastian harga berkat adanya kemitraan dengan PT.Sadana Arif Nusa yang gudangnya ada di kecamatan Sulang kabupaten Rembang.

Secara umum , satu hektar tanaman tembakau bisa panen 3 ton daun rajang kering , dengan harga jual  minimal 20 ribu/ kg daun rajang kering. Untuk budi  daya tembakau sendiri  membutuhkan modal lebih kurang 30 juta,  namun panennya pun sungguh menggiurkan yakni minimal 60 juta rupiah. Berarti petani mendapatkan keuntungan bersih 30 juta setiap hektarnya. Bisa dibayangkan berapa miliar  cuan yang didapatkan bila petani di Pati bisa tembus tanam tembakau 1000 hektar tahun 2023 ini.

Jadi  Bagaimana ….?  Masih belum tertarik tanam Si Daun Emas Tembakau ??

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Publik hearing antara Komisi A DPRD Pati dengan sejumlah pihak soal rencana pembentukan BRIDA, Kamis (24/8/2023) Previous post Pembentukan BRIDA Pati Pertimbangkan Kemampuan Pemda
Tumpukan sampah di TPA Sukoharjo Margorejo Next post DLH Pati Diminta Bangun Pabrik Pengolah Sampah Briket
Social profiles