Kirab Budaya dalam Rangka Haul Syech Kholifah Desa Ngepungrojo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam rangka peringatan haul Syech Kholifah, warga Desa Ngepungrojo, Kecamatan/Kabupaten Pati menggelar kirab budaya pada hari Minggu (30/7/2023). Kegiatan ini merupakan tradisi rutin digelar setiap tahun pada bulan Muharram atau Sasi Suro.

Kirab yang berlangsung meriah ini merupakan bentuk penghormatan masyarakat setempat terhadap Syech Kholifah Waliyulloh tokoh yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Pati.

Kirab budaya ini dihadiri oleh Kapolsek Pati Kota bersama jajaranya serta Komandan Koramil Pati beserta jajaranya.

Kepala Desa (Kades) Ngepungrojo, Tri Santoso dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari panitia hingga warga. Sebab, dukungan tersebut kegiatan kirab budaya dalam rangka Haul Waliyulloh Syech Kholifah berjalan dengan lancar.

Lanjut Kades Tri Santoso menjelaskan bahwa kirab budaya ini sebagai bentuk penghormatan kepada jasa leluhur yang telah mendahului. Adapun rute kirab yaitu melewati jalan-jalan utama desa, mulai dari Makam Waliyulloh Syech Kholifah.

Masyarakat pun menyambut antusias dan gembira terhadap adanya kirab ini. Kirab diramaikan juga dengan pasukan berkuda dan masih banyak yang lainya. Para peserta kirab juga terlihat kompak dengan mengenakan baju daerah. Selain itu kirab dimeriahkan pula dengan penampilan sejumlah marching band.

“Kirab ini adalah wujud penghormatan masyarakat terhadap leluhur, sekaligus sebagai upaya melestarikan tradisi,” ujar Tri Santoso.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Kondisi kecelakaan antara mobil Pick up dan kios es teh di Ngaringan pada Sabtu (29/7/2023) Previous post Sopir Pick Up Mengantuk, Kios Es Teh di Ngaringan Grobogan Tertabrak Hingga Hancur Lebur
Next post Innalillah, Warga Trangkil Ini Ditemukan Tewas Gantung Diri
Social profiles