Dinas Lingkungan Hidup Tekankan Pentingnya Bangun TPA di Pati Selatan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pati, Tulus Budiharjo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menekankan akan pentingnya membangun satu lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di wilayah selatan. Pasalnya, saat ini TPA di Pati hanya satu yang berlokasi di TPA Sukoharjo, Margorejo.

Kepala DLH, Tulus Budiharjo menyatakan sampah masih menjadi permasalahan atas meningkatnya jumlah penduduk. Di sisi lain, jangkauan wilayah Pati selatan ke TPA Sukoharjo yang cukup jauh juga penting untuk dipertimbangkan membangun lagi TPA di sana.

“Pati selatan belum ada TPA, akibatnya sampah di sana terjadi penumpukan yang tak terurus. Sehingga tempat sampah harus disediakan apalagi setiap tahun jumlah sampah mengalami peningkatan,” ujar Tulus dikonfirmasi Samin News, Selasa (1/11/2022).

Pihaknya menyebut tempat strategis TPA di Pati selatan lokasinya antara di Kecamatan Winong dengan Pucakwangi. Yang mana nantinya bakal menampung sampah dari wilayah tersebut dan sekitarnya.

Hanya saja, menurutnya ini masih rencana yang akan diusulkan. Karena, kemampuan anggaran yang belum tersedia. Akan tetapi dirinya tetap mengupayakan hal itu bisa terwujud. Sebab, dikatakan mengingat pertumbuhan penduduk semakin meningkat, otomatis sampah juga meningkat.

“Kami tetap berusaha untuk mewujudkan tempat sampah, karenat itu sangat penting. Meski dari kami tidak ada anggaran, kami mengusulkan ke anggota dewan, sehingga sampah bisa diatasi,” ungkapnya.

Selain mengusulkan ke anggota DPRD, dirinya mengaku juga akan mengusulkan pengadaan TPA di Pati selatan ini melalui APBD Kabupaten Pati. Dengan begitu, persoalan sampah yang dibuang sembarangan nantinya diharapkan lebih tertib dibuang pada TPA.

“Luas lahan yang dibutuhkan untuk membangun TPA paling sedikit sekitar 5 (lima). Lahan TPA menampung sampah harus melihat kondisi tanahnya juga,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Salah satu tokoh dari Pati timur asal Juwana, Suriyanto dicalonkan maju Pilkada Kabupaten Pati 2024 Previous post Suriyanto, Tokoh dari Timur Dicalonkan Nyalon di Pilkada 2024
Petugas tengah mengevakuasi jenazah Tarno, ABK asal Batangan di TPI II Juwana Next post Seorang ABK, Warga Batangan Meninggal di Perairan Tuban
Social profiles