KPU Kudus Tetapkan Pemilih Berkelanjutan Sebanyak 833.579

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus dalam rapat pleno bersama anggotanya telah menetapkan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di bulan September 2022 sebanyak 833.579. Untuk laki-laki sebanyak 312.180 dan pemilih perempuan 321.399, Minggu (2/10/2022).

KPU Kabupaten Kudus sebelumnya juga telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) Pemutakhiran DPB 2022 pada Triwulan III yang dihadiri oleh jajaran forkopimda terkait dan Partai Politik di Kabupaten Kudus.

Jajaran forkopimda terkait seperti, Polres Kudus, Kodim 0722, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bawaslu, Rutan Kelas II-B, Kepala Desa Payaman, dan Kepala Desa Ngembal Kulon,

Untuk Partai Politik yakni PDIP, Partai Gerindra, Golkar, PKS, PPP, PAN, Partai Demokrat, Partai Perindo, PSI, PBB, Partai Prima, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai UMMAT, Partai Buruh, Partal Republik, Partai Garda Perubahan Indonesia (GARUDA) dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP).

Point penyampain dalam rakor juga dijelaskan terkait persiapan penyusunan daftar pemilih untuk pemilu 2024. Selain itu, KPU Kudus telah melaksanakan tindak lanjut pemadanan DPB semester II tahun 2021 dengan data kependudukan.

Seperti data meninggal dunia, data ganda, data tidak padan, data padan beda wilayah, dan data pemilih pemula. Pemutakhiran itu bertujuan memperoleh data pemilih yang berkualitas. Untuk Penetapan dalam pleno menyesuaikan dengan PKPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Adapun dalam rapat pleno juga menetapkan perubahan Daftar Pemilih Berkelanjutan di Bulan September berupa 18.739 pemilih yang tidak memenuhi syarat, 48.309 pemilih baru dan 0 pemilih yang mengalami perubahan atau perbaikan data.