Dispertan Siap Dampingi Petani Petakan Tanaman Potensial Selain Singkong

Kepala Bidang PSP pada Dinas Pertanian Pati, Sugiharto

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati siap mendampingi dan memfasilitasi terkait dengan teknis budidaya bagi petani. Hal ini menyusul lantaran sebelumnya petani mengeluhkan dicabutnya pupuk subsidi untuk tanaman singkong dan dimungkinkan petani beralih tanaman selain singkong.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Sugiharto mengatakan Dispertan siap mendampingi dan memberikan ilmu seputar teknis budidaya bagi para petani.

“Apa yang kira-kira diinginkan direncanakan petani, kita siap teknik-teknik budidayanya dengan melihat kondisi lahan, dari faktor airnya atau faktor seperti apa,” kata Kabid PSP, Sugiharto belum lama ini.

Namun demikian, pihaknya mengatakan bahwa Dispertan tidak bisa serta merta langsung memberi instruksi bagi petani, untuk menanam suatu tanaman tertentu. Karena penting sebelumnya dilakukan rembukan terlebih dahulu bersama petani mengenai apa yang cocok hingga apa yang diinginkan.

Sebenarnya, dia mengatakan tanaman padi di Kabupaten Pati juga potensial. Hanya saja berjalannya waktu karena dirasa lebih enak dalam pemeliharaan serta hasilnya baik, petani lebih memilih menanam singkong. Yang mana sebelumnya ada saluran irigasi, kemudian tidak terawat.

Selain itu, buah-buahan khususnya di wilayah Kecamatan Cluwak dikatakan tumbuh subur. Meski demikian, dari masa tanam hingga panen itu membutuhkan waktu setidaknya beberapa tahun.

“Hanya saja kami memahami bahwa komoditas yang bagus misalnya buah-buahan memang membutuhkan waktu sampai berbuah sampai tahunan. Nah selama itu bagaimana caranya bisa mendapatkan penghasilan,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan Dispertan selalu siap sedia mendampingi petani untuk memetakan tanaman apa yang potensial selain singkong, termasuk bagaimana budidaya yang baik sehingga hasilnya memuaskan.

“Kita akan kaji, namun petani sendiri pasti tahu paham dan pengalaman karena mereka sudah tahu lokasinya. Kalau ada kesulitan teknis budidayanya, temen-temen Dispertan di Kecamatan siap mendampingi,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
DPC PDI Perjuangan bakal memberikan bantuan PIP dari aspirasi Ketua DPR RI Previous post 1.860 Siswa di Pati Bakal Terima Bantuan PIP, Maksimal Cair Akhir September
Next post PPL PGSD UNISNU Cup 2022 Usai, SD Negeri 1 Mindahan Jepara Raih Juara Satu
Social profiles