1.860 Siswa di Pati Bakal Terima Bantuan PIP, Maksimal Cair Akhir September

0
DPC PDI Perjuangan bakal memberikan bantuan PIP dari aspirasi Ketua DPR RI
DPC PDI Perjuangan bakal memberikan bantuan PIP dari aspirasi Ketua DPR RI

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 1.860 siswa kurang mampu di Kabupaten Pati bakal menerima Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2022. Sejumlah bantuan PIP di Kabupaten Pati ini usulan dari kader DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pati.

Hal ini disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Pati, Ali Badrudin pada saat kegiatan Penyerahan Surat Pemberitahuan Pencairan PIP dari Ketua DPR RI, Puan Maharani, Sabtu (27/8/2022).

“Bantuan PIP di Pati ini adalah program dari pemerintah pusat yang dicanangkan pak Jokowi per 20 November 2014. Apabila ada yang belum tercover, ini diusulkan oleh ketua DPR RI Ibu Puan Maharani,” kata Ali kepada wartawan usai kegiatan.

Kendati PIP merupakan program Presiden Joko Widodo sejak awal menjabat periode pertama itu, namun bilamana ada siswa yang belum tercover oleh pemerintah. Maka, khusus di wilayah Kabupaten Pati bisa diusulkan melalui DPC PDI Perjuangan agar mendapatkan bantuan pendidikan tersebut.

Kader sebagai Komandante di masing-masing wilayahnya mengusulkan siswa yang kurang mampu di satuan pendidikan kepada DPC agar mendapatkan PIP dari program aspirasi Ketua DPR RI.

PIP yang akan disalurkan kali ini adalah sebanyak 1.860 siswa, terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMA-SMK. PIP ini harus disalurkan maksimal pada tanggal 31 September 2022, tidak boleh lewat,” ucap Ali.

Dari sejumlah itu, Ali mengaku sebelumnya telah dilakukan penyaringan kepada siswa yang benar-benar membutuhkan. Sehingga program yang ditujukan membantu siswa agar bisa terus sekolah tersebut tepat sasaran.

“Harapan kami, semoga program PIP ini bisa membantu para siswa yang kurang mampu dan bisa meringankan beban para orang tua murid,” tutup Ali yang juga sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pati ini.(adv)